Comscore Tracker

5 Trik Mudah Membersihkan Helm Basah Tanpa Bantuan Laundry, Yuk Coba!

Helm jadi bersih dan nyaman

Berkendara menggunakan motor saat musim hujan menjadi tantangan tersendiri. Selain medan yang licin, helm juga merupakan kompen yang harus diwaspadai agar kebersihannya tetap terjaga. Aroma kurang sedap bisa muncul ketika helm lembab karena air hujan.

Membersihkan helm memang bukan perkara yang mudah. Butuh waktu yang lama dan alternatifnya diserahkan pada laundry. Bau apek menjadi tantangan tersendiri, untuk mengatasinya kamu perlu langkah yang benar membersihkan helm seperti berikut ini!

1. Siram bagian luar

5 Trik Mudah Membersihkan Helm Basah Tanpa Bantuan Laundry, Yuk Coba!webmail.stp.gov.py

Jangan langsung menyirap helm secara keseluruhan, melainkan siramlah terlebih dahulu bagian luar helm. Langkah ini dilakukan agar bisa membersihkan bagian helm secara merata. Jadi pastikan bagian luar sudah bersih sebelum membersihkan bagian dalamnya, ya!

2. Gunakan air hangat

5 Trik Mudah Membersihkan Helm Basah Tanpa Bantuan Laundry, Yuk Coba!rezvilla.com

Agar bau di dalam helm lebih cepat hilang, gunakan air hangat untuk membasuh bagian dalam helm. Tuang perlahan air hangat, hingga seluruh area dalam helm terendam oleh air hangat. Balik bagian dalam helm hingga air hangat yang terendam tadi bisa keluar.

Baca Juga: Inilah 5 Tips Agar Kaca Helm Milikmu Tetap Jernih Saat Musim Hujan

3. Gunakan cairan yang sesuai

5 Trik Mudah Membersihkan Helm Basah Tanpa Bantuan Laundry, Yuk Coba!bikesrepublic.com

Jangan menggunakan sembarang cairan, gunakan cairan pembersih yang memang khusus untuk aksesoris kendaraan bermotor. Cairan yang sesuai akan melindungi bagian body luar helm. Sebaliknya, cairan yang tidak sesuai justru mengikis bagian helm.

4. Keringkan secara maksimal

5 Trik Mudah Membersihkan Helm Basah Tanpa Bantuan Laundry, Yuk Coba!canadiantire.ca

Mengeringkan helm bukan perkara yang mudah. Kamu perlu mengeringkannya dengan maksimal dengan bantuan panas matahri. Jika masih belum kering secara maksimal, gunakan bantuan utdoor AC atau tabung TV agar kelembaban di dalam hem menghilang secara perlahan.

5. Tambahkan parfum

5 Trik Mudah Membersihkan Helm Basah Tanpa Bantuan Laundry, Yuk Coba!bike4sale.com

Setelah helm benar-benar kering, tambahkan parfum secukupnya. Tapi yang perlu di ingat ialah gunakan parfum rendah alkohol agar wanginya tak terlalu menyengat saat helm menggunakannya.Tunggu hingga parfum menyerap sempurna agar bebas lembab ketika dipakai.

Nah, itu dia lima langkah mudah yang bisa kamu lakukan agar helm bebas bau apek saat musim hujan. Terpenting, jangan lupa untuk menjaga kebersihannya meski tak terkena air hujan!

Baca Juga: Keren! Helm Ini Bikin Kamu Rasakan AC Saat Naik Motor

Akbar Photo Verified Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya