Comscore Tracker

Proses Pembuatan Helm Valentino Rossi, Jadi yang Termahal

Harga sampai puluhan juta untuk satu unitnya 

Helm merupakan perangkat penting sebelum menunggangi motor. Alat keselamatan ini didesain untuk meminimalkan risiko jika terjadi kecelakaan. Hal itu berlaku juga untuk motor balap.

Bedanya, helm yang dipakai motor balap bukan helm biasa. Helmnya dibuat sedemikian rupa menyesuaikan kepala pembalap. Kualitas helm sangat bagus karena dibuat dengan material terbaik. Bagimana proses pembuatannya ya? Yuk, simak!

1. Sejarah helm 

Proses Pembuatan Helm Valentino Rossi, Jadi yang TermahalHelm racing (dok.pribadi/Albert Hermawan)

Sejarah adanya helm bermulai setelah adanya insiden yang merenggut nyawa arkeolog, perwira militer, diplomat, dan penulis asal Britania pada tahun 1935. Selepas kejadian tersebut, dokter ahli saraf bernama Huge Cairns mulai melakukan penelitian.

Tujuh tahun berjalan, akhirnya penelitian dari Huge Cairns membuahkan hasil lewat jurnal ilmiah berjudul Head Injuries in Motorcycle. Ini menjadi batu loncatan dalam pengembangan helm.

Pada tahun 1914, pembalap handal bernama Cyril Pullin, juara di kelas senior utama pada ajang Isle of Man TT telah menggunakan helm berbahan kanvas.

Selanjutnya, 1941 mulai ada helm berbahan karet dan gabus. Helm ini mulai digunakan militer Inggris pada saat itu.

Kemudian tahun 1953 C.F Lombard mengembangkan cangkang berbahan fiberglass. Hak patennya dibeli oleh perusahaan terkenal Bernama BELL.

Aturan penggunaan helm pertama dimulai tahun 1960-an. Negara mengawali adalah Australia kemudian disusul Amerika Serikat. Di Indonesia baru mewajibkan di tahun 1971. Helm terus mengalami perkembangan baik model ataupun teknologinya hingga saat ini.

2. Desain luar dan dalam helm 

Proses Pembuatan Helm Valentino Rossi, Jadi yang TermahalHelm NJS ZX-1 (youtube.com/Iwan Banaran)

Setelah tau sejarah, kita bahas bagian pertama dari pembuatan helm. Sebelum dibuat, helm harus disesuaikan dengan bentuk wajah seperti yang dilakukan AGV selaku produsen helm yang dipakai Rossi. AVG merupakan pabrik pembuatan helm yang berasal dari Italia. 

Pertama, calon pemakai helm ditempelkan scanner 3D di kepalanya. Lalu helm dibuat pas dengan bentuk kepala. Hal ini bertujuan memberi kenyamanan dan perlindungan maksimal, baru setelahnya masuk ke tahap pencetakan.

Baca Juga: Petronas Yamaha Terancam Ditinggal Rossi dan Morbidelli

3. Tahap pencetakan 

Proses Pembuatan Helm Valentino Rossi, Jadi yang TermahalProses pembuatan helm (youtube.com/EDUTAINMENT TRANS7 OFFICIAL)

Dilanjutkan tahap pencetakan cangkang yang sebagian menggunakan alat serat karbon. Hasil potongan cangkang dimasukkan ke dalam mesin pencetak sehingga mendapat bentuk membulat.

Tidak berhenti di situ, helm harus mengalami pemotongan pada bagian tertentu memakai mesin laser seperti pabrikan helm SHOEI. Ini bertujuan mendapatkan helm dengan hasil rapi.

Di tempat yang berbeda juga mengerjakan bagian gabus helm. Setelah dicetak, cangkang bagian dalam dihaluskan. Proses tersebut dilakukan oleh mesin ampelas canggih.

Masuk ke bagian pengecatan dimana proses dilakukan oleh lengan robot super pintar. Para pekerja terampil turut memasang motif secara teliti di bagian cangkang.

Tiba saatnya memasang seluruh part ke dalam cangkang seperti kaca, busa, karet, dan lain-lain. Visor helm pembalap menggunakan material khusus supaya hasil akhir maksimal.

4. Tes uji coba 

Proses Pembuatan Helm Valentino Rossi, Jadi yang TermahalAerodinamika helm (youtube.com/Auto Populer)

Tidak terburu-buru dijual, helm yang diproduksi harus melakukan beberapa pengetesan. Tahapan ini menguji kelayakan, ketahanan, dan kekuatan dari segala sisi.

Alat yang dipakai biasa dikenal FEM analysis. Selain itu, uji coba tingkat aerodinamis juga dilakukan. Kebisingan ikut diperhatikan supaya pemakai nyaman saat kecepatan tinggi di arena balap.

5. Harga helm 

Proses Pembuatan Helm Valentino Rossi, Jadi yang TermahalHelm racing (dok.pribadi/Albert Hermawan)

Hasil karya desainer bernama Aldo Drudi dan digunakan oleh Valentino Rossi dibanderol dengan harga Rp20 jutaan. Mahalnya harga helm sebanding dengan keamanan yang ditawarkan. Soal balapan tidak bisa sembarang memakai helm. Hal ini dibutuhkan untuk meminimalkan risiko kecelakaan.

Bahan yang digunakan berkualitas tinggi dan sudah teruji. Wajar saja butuh helm khusus karena laju kendaraan sangat kencang bahkan top speed-nya mencapai 300km/jam.

Nah, itulah pembahasan kenapa bisa ada helm, harga helm punya Rossi, proses pembuatannya. Sebelum punya motor pastikan punya helm juga. Helm akan melindungimu bukan hanya dari polisi tapi dari benturan yang mungkin terjadi. Kepala adalah bagian penting dalam tubuh, jika terjadi sesuatu, apa tidak sayang? Semoga menambah wawasan kamu!

Albert Hermawan Photo Verified Writer Albert Hermawan

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." -Pramoedya Ananta Toer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya