TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Merawat Ban Motor biar Gak Cepat Halus, Lakukan Mulai Sekarang

Ban motor juga harus dirawat, lho!

unsplash/Austris Augusts

Ban adalah salah satu komponen penting dalam motor. Jika kondisi ban gak diperhatikan, pasti ban akan cepat halus dan perlu diganti. Biaya penggantian ban ini juga gak bisa dibilang murah, lho. Nah, makanya, sebelum ban motormu cepat halus, lakukan lima langkah ini mulai sekarang, yuk!

1. Isi anginmu dengan angin nitrogen

unsplash/Bart Gortworst

Mungkin hal ini terlihat sepele, padahal sebenarnya membawa dampak yang besar, lho. Mengisi angin ban dengan nitrogen akan membuat banmu lebih awet. Angin nitrogen ini bersifat lebih dingin sehingga kondisi banmu akan lebih terawat daripada saat menggunakan angin biasa.

Baca Juga: 5 Hal Untuk Diketahui tentang Ukuran Ban Motor dan Cara Membacanya

2. Jangan biarkan ban dalam kondisi kempis

unsplash/Hanna Tkach

Pernah, gak, kamu merasa ban motor kempis, tapi terlalu malas untuk mengisi? Hindari kebiasaan satu ini, deh. Menggunakan ban dalam kondisi kempis bisa merusak ban. Bahkan, kalau dipaksa, ban yang kurang angin lama-lama bisa rusak dan sobek.

3. Namun, jangan terlalu penuh saat mengisi angin ban

unsplash/nick mercer

Gak hanya membiarkan ban dalam kondisi kempis, mengisi ban terlalu penuh juga bahaya, apalagi kalau kamu memarkirkan motormu di tengah panasnya cahaya matahari. Udara di dalam ban bakal memuai karena kepanasan dan bisa saja ban motormu akan meletus.

4. Sering-seringlah untuk standar tengah kendaraanmu

unsplash/Pavel Anoshin

Kamu lebih suka standar miring atau tengah? Mungkin, standar miring lebih digemari karena lebih cepat dan praktis, padahal justru dengan standar tengah kualitas ban motormu akan terjaga, lho. Pasalnya, saat standar tengah, ban motor akan beristirahat sejenak dan gak menyangga beban motor secara keseluruhan.

Baca Juga: Pahami Makna Kode Ban, Perhatikan 4 Hal Ini sebelum Ganti Ban Mobilmu

Verified Writer

Arkana Naranka

Penggila buku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya