TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jangan Asal Ngerem, Pelajari Dulu 3 Teknik Berikut

Lakukan agar terhindar dari kecelakaan

Unsplash/ Arseny Togulev

Jakarta, IDN Times – Fungsi rem pada motor memang untuk menghentikan, tapi jangan asal menarik tuas rem ya. Sebab itu bisa membuat motormu berhenti mendadak. Jika jalanan sedang licin, menarik tuas rem secara mendadak juga bisa membuat motor tergelincir. 

Karena itu sangat penting memahami teknik mengerem, terutama di saat jalanan sedang basah diguyur hujan. Nah, berikut tiga tip sederhana saat menekan tuas rem yang bisa kamu coba.

Baca Juga: Jarang Disadari, 3 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Rem Mendadak Blong

1. Rem depan atau belakang? Sesuaikan dengan kecepatan motor

legendarylist.com

Menggunakan rem belakang saat motor dalam kecepatan rendah dapat memberikan kenyamanan, baik pengendara maupun penumpang. Namun, saat kecepatan tinggi disarankan menggunakan rem depan, tetapi pengendara harus pastikan posisi motor tegak lurus agar saat ban terkunci motor tidak jatuh.

Sebaliknya, menekan rem belakang saat dalam posisi kecepatan tinggi akan membuat ban jadi selip dan motor jadi tidak seimbang alias ngesot. Akibatnya motor bisa tergelincir. 

2. Kombinasi rem depan dan belakang jadi yang paling efektif

autoevolusion.com

Untuk pengereman yang efektif, maka lakukan pengereman dengan mengombinasikan rem depan dan rem belakang. Cara ini bisa dilakukan dengan menekan rem depan dan belakang secara bersamaan atau bisa dengan rem depan terlebih dahulu, lalu menekan rem belakang.

Jangan menekan rem terlalu keras, menekan rem sebaiknya dilakukan secara perlahan dan bertahap. Hal ini dilakukan agar rem tidak mengunci ban dengan cepat dan menyebabkan kecelakaan.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Saat Rem Mendadak Blong!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya