Jangan Pakai Bensin Oplosan, Ini Deretan Bahayanya!

Merusak mesin motor

(IDN Times/Dwi Agustiar)

Jakarta, IDN Times - Banyak alasan kenapa pengendara sepeda motor lebih memilih membeli bensin eceran di pinggir jalan. Salah satunya karena enggan mengantre di SPBU. Selain itu jarak menuju SPBU yang jauh juga menjadi alasan lain.

Padahal harga bensin eceran itu pasti lebih mahal dari harga di SPBU. Selain itu membeli bensin eceran juga harus siap dengan risiko mendapatkan bensin oplosan. Nah, tau kah kalau bensin oplosan itu ternyata berbahaya buat motor? 

Yuk kenali, gejala dan bahaya menggunakan bensin oplosan!

1. Suara mesin jadi lebih berisik dari biasanya

IDN Times/Dwi Agustiar

Gejala awal saat motor sering diisi bensin oplosan, yakni suara mesin motor jadi lebih berisik dari biasanya. Motor kalian pun mulai banyak kerak di piston, kepala silinder dan sekeliling payung klep. Jika terus kerak terus dibiarkan bertumpuk maka akan menimbulkan knocking atau berisik.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bisa Membuat Motormu Jadi Ambyar

2. Performa mesin mendadak jadi loyo

(IDN Times/Dwi Agustiar)

Semua berita yang kamu suka #AdadiIDN

Baca berita sesuai topik yang kamu pilih dan
lebih nyaman di IDN app

Download Yuk!

Ciri lain motor yang diisi bensin oplosan adalah performanya yang mendadak jadi loyo. Bahkan pada banyak kasus malah membuat motor jadi mogok. 

Performa mesin motor pun jadi semakin loyo, dan tidak maksimal. Hal ini juga berdampak pada konsumsi bahan bakar yang semakin boros.

Kalau terus begini kerusakan akan semakin parah, motor pun jadi sering bolak balik bengkel. Niat hati ingin irit, justru kantong jadi kering karena sering menggunakan bensin oplosan.

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

3. Kenali bensin oplosan agar tidak tertipu

IDN Times/Dwi Agustiar

Untuk mengenali bensin oplosan itu ternyata gak sulit, loh. Kamu bisa membedakan mana bensin murni dan mana oplosan hanya dengan melihat warnanya.

Pada umumnya, bensin asli memiliki warna yang lebih bagus. Tak hanya itu, kalian juga bisa melihat pada dasar botol bensin yang dijual di bensin eceran. Bensin asli terlihat tidak banyak endapan dan lebih bening karena tidak tercampur bahan lainnya.

Baca Juga: Tip Motor Tetap Prima Selama 2 Pekan Work From Home

Berita Terkini Lainnya