Comscore Tracker

Ini 5 Fakta Unik Vespa Yang Perlu Kamu Tahu!

Ternyata Vespa pernah membuat mobil, lho!

Jakarta, IDN Times –  Seperti klub sepak bola, sepeda motor pun punya penggemar fanatiknya sendiri lho. Salah satunya Vespa. Motor asal Italia ini bahkan memiliki penggemar lintas generasi. Maklum, Vespa telah melaju sejak 1946.

Gak mengherankan jika penggemar Vespa begitu berwarna, mulai dari remaja, dewasa, hingga orang tua! Bisa dibilang, setiap generasi punya Vespa-nya sendiri.

Selain itu konsistensi Vespa pada desain yang 'begitu-begitu' aja ternyata justru semakin membuat penggemarnya semakin fanatik. Sampai hari ini, masih ada lho yang wara-wiri naik Vespa jadul lansiran tahun 1950-an.

Nah, berikut ini fakta-fakta menarik tentang Vespa yang wajib kamu tahu meski kamu bukan penggemar berat Vespa: 

1. Bentuknya terinspirasi dari pesawat

Ini 5 Fakta Unik Vespa Yang Perlu Kamu Tahu!Pinterest.com

Rinaldo Piaggio awalnya yang mendirikan perusahaan peralatan kapal pada tahun 1884. Kemudian perusahaan ini berkembang dengan membuat alat-alat transportasi seperti kapal, kereta api, dan pesawat terbang. 

Namun, pada akhir perang dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh sekutu dan akhirnya dilanjutkan oleh sang anak: Enrico Piaggio. Ia pun mencoba membuat alat transportasi darat murah. Untuk mewujudkannya, Enrico kemudian menggandeng Corradino D’Ascania, seorang insinyur penerbangan. 

Seri pertama yang mereka buat adalah MP5, namun sayangnya masyarakat kurang menyukai seri tersebut. Hmm..mungkin karena desainnya, ya?

Baca Juga: Buat Vespa Kamu Makin Keren dengan 5 Aksesori Ini

2. Vespa pernah memproduksi mobil lho

Ini 5 Fakta Unik Vespa Yang Perlu Kamu Tahu!Pinterest.com

Vespa ternyata pernah memproduksi mobil lho. Mobil ini diberi nama Vespa 400. Mobil berjenis microcar ini dibuat di Monaco pada 1975. Vespa 400 ini dibuat dalam dua versi, yakni Lusso dan Turismo. 

Dua tahun pertama mobil itu berhasil diproduksi sebanyak 20 ribu unit. Namun, sayang usianya hanya bertahan empat tahun sebelum produksinya akhirnya dihentikan. Setelah membuat 34 ribu unit dan berhenti produksi, Vespa akhirnya kembali fokus membuat skuter.

3. Penamaan Vespa tidak sengaja

Ini 5 Fakta Unik Vespa Yang Perlu Kamu Tahu!pinterest.com

Setelah membuat seri pertamanya yakni MP5 yang gagal diterima pasar, akhirnya D’Ascanio membuat seri kedua, yaitu MP6. Namun, ketika itu jadi Enrico Piaggio menyebut desain ini seperti tawon dengan kalimat “Sambra Una Vespa”. Hingga akhirnya motor itu dinamai “Vespa’’ dan diproduksi massal pada tahun 1946. Motor 'tawon' ini sukses besar di pasaran.

4. Awal masuk ke Indonesia

Ini 5 Fakta Unik Vespa Yang Perlu Kamu Tahu!youtube.com/FanTAz

Sejarah Vespa masuk ke Indonesia cukup unik, lho. Saat itu pasukan perdamaian Indonesia yang bertugas di Congo mendapat hadiah dari pemerintah berupa motor Vespa. Ternyata motor ini menarik banyak perhatian warga dan akhirnya Vespa mulai membanjiri jalanan Indonesia. Orang-orang pun menyebutnya Vespa Congo.

5. Desain yang tidak banyak berubah

Ini 5 Fakta Unik Vespa Yang Perlu Kamu Tahu!Pinterest.com

Sejak awal diproduksi pada tahun 1946 hingga kini desain Vespa tidak banyak mengalami perubahan. Perubahan yang paling terlihat hanya di letak lampu dari spakbor roda depan menjadi ke stang motor. Secara keseluruhan tidak ada perubahan yang berarti dari tahun ke tahun untuk motor unik ini.

Anehnya, bukannya menjadi bosan dengan desain yang begitu-begitu aja, penggemar Vespa justru semakin setia. Kenapa? Karena Vespa memang selalu punya cerita!

Baca Juga: Ini 8 Alasan Kenapa Mengendarai Vespa itu Lebih Syahdu Ketimbang Motor Matic!

Topic:

  • Angela Monica
  • Dwi Agustiar

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 26 Apr 2019 16:15:05

Progress: 310.016 dari 813.350 TPS (38.11594%)

Just For You