Comscore Tracker

Wujud Motor Kawasaki W175 Modifikasi Milik Presiden Jokowi

Harga aslinya hanya Rp 30 jutaan

Jakarta, IDN Times – Presiden Joko "Jokowi" Widodo kembali tampil mengejutkan, kali ini dengan motor hijau terbarunya. Motor tersebut dibawa Jokowi berkeliling Kota Tangerang, Banten, Minggu (4/11).

Menggunakan helm half face klasik, Presiden Jokowi tampak begitu nyaman duduk di motor tersebut. Sementara jaket merah yang dipadu celana jeans membuatnya terkesan lebih muda.

Sebenarnya motor apa sih yang ditunggangi Jokowi? Berdasarkan penelusuran nomornya pelatnya, yakni B 3450 INA, bisa diketahui jika motor tersebut asilnya adalah Kawasaki W175. Motor ini dijual dengan harga sekitar Rp 30 jutaan.

Namun Kawasaki W175 yang dipakai Presiden Jokowi sudah dimodifikasi oleh Katros Garage. Hasilnya? Keren banget. Sayang, sampai saat ini belum diketahui berapa ongkos yang dikeluarkan Jokowi untuk memodifikasi Kawasaki W175-nya.

1. Desain yang klasik

Wujud Motor Kawasaki W175 Modifikasi Milik Presiden JokowiTwitter/kspgoid

Aslinya Kawasaki W175  sudah mengusung desain klasik dan retro. Motor ini memilki berat 126 kg dan dimensi panjang 1.930 mm, lebar 767 mm, serta tinggi 1.030 mm. 

Di lain sisi, motor ini juga memiliki sumbu roda sepanjang 1.275 mm serta memiliki tinggi tempat duduk 775 mm. Nggak heran jika motor ini sangat nyaman dikendarai..

Baca Juga: Wow! Kawasaki W175 Kandidat Forwot Motorcycle of The Year (FMY) 2018

2. Mesin berkapasitas 177 cc

Wujud Motor Kawasaki W175 Modifikasi Milik Presiden JokowiTwitter/KSPgoid

Kawasaki W175 dibekali mesin satu silinder berkapasitas 177 cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 13 PS pada 7.500 rpm. Torsi motor ini mencapai 13.2 Nm pada 6.000 rpm. Memang tidak terlalu buas, namun sangat cukup untuk diajak touring. Apalagi motor ini sudah mengusung sistem transmisi 5 percepatan Wet Multi Disc. 

Sesuai dengan temanya yang klasik, sistem pembakaran motor ini juga masih menggunakan karburator tipe Mikuni VM24. Penggunaan karburator memang sudah kuno, namun karburator lebih mudah dioprek ketimbang sistem injeksi. Sehingga motor ini sangat potensial untuk didongkrak tenaganya.

3. Menawarkan fitur yang serba klasik

Wujud Motor Kawasaki W175 Modifikasi Milik Presiden Jokowi

Kawasaki W175 memang didesain buat penggemar motor klasik garis keras. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan rem tromol pada roda belakang layaknya motor-motor jadul. Meski begitu, rem tromol ini tetap pakem dan aman, lho.

Sisi klasik motor ini juga bisa dilihat dari speedometer analog dengan tampilan dan desain yang sangat sederhana. 

4. Klasik tapi starternya sudah elektrik

Wujud Motor Kawasaki W175 Modifikasi Milik Presiden Jokowi

Untungnya Kawasaki membeli motor ini dengan starter elektrik, sehingga kamu gak perlu susah payah untuk menghidupkannya. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Chrankshaft Balancer dan knalpot bertipe Peashooter-Style yang membuat tampilan Kawasaki W175 ini lebih mantap. 

Untuk suspensi, Kawasaki W175 ini mengandalkan suspensi depan bertipe teleskopik dengan diameter 30 mm dengan wheel travel sebesar 110 mm. Sedangkan pada bagian belakangnya menggunakan dua shockbreaker dengan wheel travel 65 mm yang dibuat dengan sudut kemiringan 77 derajat dan membawa 5 tingkat pengaturan. 

Yang tak kalah menariknya, ternyata suspensi depan sudah ditutup dengan cover yang difungsikan untuk melindungi tabung shock sekaligus membuat tampilan Kawasaki W175 ini terlihat lebih menarik.

5. Berapa harganya?

Wujud Motor Kawasaki W175 Modifikasi Milik Presiden JokowiDok. IDN Times

Kawasaki W175 ini dibandrol dengan harga Rp 29,8 juta untuk varian standar dan Rp 30,8 juta untuk varian special edition. Gak terlalu mahal, kan? Bahkan, tanpa dimodifikasi pun, motor satu ini sudah oke banget buat diajak nongkrong di mall.

Topic:

  • Angela Monica
  • Dwi Agustiar
  • Wendy Novianto

Just For You