Comscore Tracker

5 Masalah yang Akan Muncul Ketika Jok Motormu Berlubang

Jangan dibiarkan, ya!

Jok motor adalah salah satu bagian motor paling penting karena berkaitan dengan kenyamanan si pengendara. Makanya, pastikan kalau jok motormu dalam kondisi prima. Banyak orang abai dan cuek saat kulit jok motornya berlubang dan menunda untuk menggantinya. Sebenarnya, lima masalah di bawah ini bakal mengintaimu. Apa saja?

1. Saat musim hujan, celanamu bakal basah

5 Masalah yang Akan Muncul Ketika Jok Motormu Berlubangunsplash/Đức Mạnh

Jok motor yang berlubang bakal membawa masalah tersendiri saat musim hujan. Air yang mengalir bakal masuk ke dalam jok dan merembes ke busa. Nah, saat kamu mendudukinya, air bakal meluber dan bisa dipastikan akan membasahi pakaian yang kamu pakai. Tuh, gak enak banget berkendara saat celanamu basah, kan?

2. Kamu gak akan nyaman saat duduk di atas motor

5 Masalah yang Akan Muncul Ketika Jok Motormu BerlubangUnsplash/Bin Thiều

Selain pakaianmu yang basah, kamu juga dipastikan gak akan merasa nyaman saat berkendara, apalagi jika lubang di jokmu sangat lebar. Tentu, sangat gak nyaman saat mendudukinya. Terlebih lagi jika kamu menempuh perjalanan jauh.

Baca Juga: Pengin Beli Motor Matic Budget Rp4 Juta? 5 Motor Ini Pilihannya!

3. Jok motor akan berjamur

5 Masalah yang Akan Muncul Ketika Jok Motormu BerlubangUnsplash/Bernard Hermant

Pakaian yang basah hanyalah kerugian jangka pendek yang akan kamu alami. Untuk kerugian jangka panjangnya, busa jok motor yang terendam air lama-kelamaan akan berjamur. Tentunya, hal ini juga akan berpengaruh pada kualitas busa jok motormu.

4. Jok bakal mudah tipis

5 Masalah yang Akan Muncul Ketika Jok Motormu BerlubangUnsplash/paolo candelo

Kamu juga akan mengalami hal ini jika membiarkan jok motor sobek dalam jangka waktu lama. Lama-kelamaan, kualitas spons akan menurun. Bahkan, busa jok motormu lama-lama akan tipis dan rusak.

5. Biaya penggantian akan semakin mahal kalau kamu menundanya

5 Masalah yang Akan Muncul Ketika Jok Motormu Berlubangunsplash/Hiep Duong

Tentu, biaya penggantian jok motor juga makin besar kalau kamu cuek saja membiarkan kulit jok sobek dalam jangka waktu yang lama. Kalau kamu cepat mengatasinya, kamu hanya perlu melakukan penggantian kulit jok motor seharga Rp30 ribuan.

Namun, kalau makin menundanya, kamu juga harus ikut mengganti busa jok motor yang ikut rusak. Kamu perlu merogoh kocek hingga Rp80 ribuan.

Coba cek dulu deh, ada lubang gak di jok motormu? Mumpung masih belum parah, segera diganti, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Motor Matic Lebih Laris daripada Motor Sport dan Bebek

Arkana Arkana Photo Verified Writer Arkana Arkana

Penggila buku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya