Comscore Tracker

5 Tips Aman Naik Motor ala Hijaber, Pastikan Sebelum Berkendara, ya!

Hindari pakai hijab yang menjuntai

Di zaman yang serbacanggih seperti sekarang ini, motor gak hanya digunakan oleh kaum Adam saja. Para perempuan juga menggunakan salah satu moda transportasi ini untuk menunjang mobilitasnya. Namun, buat perempuan hijaber, kamu perlu memperhatikan lima hal ini nih biar lebih aman saat berkendara. Apa saja, sih?

1. Gunakan masker yang khusus untuk hijab

5 Tips Aman Naik Motor ala Hijaber, Pastikan Sebelum Berkendara, ya!tokopedia.com

Masker perlu dikenakan oleh para pengendara motor, terlebih lagi untuk menghalau polusi udara. Nah, masker wajah sendiri sebenarnya ada yang dikhususkan untuk perempuan berhijab, lho. Bedanya, tali maskernya lebih panjang.

Alih-alih dikaitkan di telinga, caranya memakainya dengan mengaitkan tali ke belakang kepala. Dijamin, kamu gak ribet, meski memakai hijab.

2. Pakai bawahan yang mempermudah pergerakanmu

5 Tips Aman Naik Motor ala Hijaber, Pastikan Sebelum Berkendara, ya!Instagram.com/dianayulestari

Hijaber biasanya cenderung mengenakan bawahan rok panjang. Nah, pastikan kamu memakai pakaian yang nyaman dan aman untuk pergerakanmu.

Mungkin saat memakai rok, kamu bisa menyiasatinya dengan celana legging atau stoking di dalamnya. Jangan sampai pakaian yang kamu pakai justru menyulitkanmu saat mengendarai kendaraan.

Baca Juga: Tip Aman Naik Motor Sports, Jangan Asal Ngebut 

3. Hindari memakai rok terlalu panjang atau berjuntai karena bisa membahayakan

5 Tips Aman Naik Motor ala Hijaber, Pastikan Sebelum Berkendara, ya!Instagram.com/dianayulestari

Sebaiknya, memakai rok yang berjuntai juga dihindari saat mengendarai motor. Meski terlihat sepele, sebenarnya hal ini berbahaya. Ujung kain bisa masuk ke dalam rantai. Skenario terburuknya, pengendara motor bisa jatuh dan terseret dari motor. Gak ingin hal ini terjadi, kan?

4. Gulung pakaian yang menjuntai atau masukkan ke dalam jaket supaya lebih aman

5 Tips Aman Naik Motor ala Hijaber, Pastikan Sebelum Berkendara, ya!instagram.com/dianayulestari/

Apabila kamu memang dituntut untuk memakai pakaian yang menjuntai, siasati dengan menggulung ujung pakaian. Hal ini supaya lebih aman dan menghindari masuk ke dalam rantai motor.

Selain itu, untuk hijab yang panjang, bisa disiasati dengan mengenakan jaket. Ujung jilbab yang menjuntai, bisa dimasukkan ke dalam jaket sehingga gak menutupi lampu sein motor.

5. Pasang penutup rantai pada motor

5 Tips Aman Naik Motor ala Hijaber, Pastikan Sebelum Berkendara, ya!Instagram.com/dianayulestari/

Demi keamanan pengendara berhijab, sebaiknya pasang tutup rantai pada motor yang kamu kendarai. Cara ini bisa meminimalkan hal yang tak diinginkan. Memasang tutup rantai motor juga menghindarkan potensi kain yang masuk ke dalam rantai motor.

Selamat berkendara, ya. Selalu perhatikan keamanan dan utamakan keselamatan.

Baca Juga: Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Berkendara Motor di Jalanan

Arkana Arkana Photo Verified Writer Arkana Arkana

Penggila buku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya