Comscore Tracker

5 Tips Merawat Motor Matic Tua biar Panjang Umur!

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, lho

Motor tua memang membutuhkan perhatian lebih daripada motor baru. Nah, kalau kamu punya motor matic tua yang berusia paling tidak 5 tahun, kamu wajib nih melakukan lima tips di bawah ini. Yakin deh, motormu bakal berumur lebih panjang dan gak gampang rusak.

1. Wajib untuk dipanaskan tiap hari

5 Tips Merawat Motor Matic Tua biar Panjang Umur!chinesedrama.info

Motor matic tua memang tak seperti motor matic keluaran baru. Kalau motor matic keluaran baru, kamu gak perlu lama-lama untuk memanaskan mesinnya.

Namun, kalau sudah berurusan dengan motor matic lama, kamu wajib nih memanaskan motormu tiap hari kalau gak mau mesinnya mogok. Agendakan untuk memanaskannya tiap pagi minimal selama 10 menit, ya.

2. Saat motor kehujanan wajib dicuci dan dikeringkan

5 Tips Merawat Motor Matic Tua biar Panjang Umur!Youtube.com/Crazy Little Things Called Love

Siapa yang malas cuci motor setelah kehujanan? Meski terlihat sepele, nyatanya kebiasaan jelek ini bakal berimbas ke motormu, lho. Gak hanya besi pada motor yang akan mengalami korosi karena terkena air hujan yang bersifat asam, knalpot motor juga akan melempem. Pada akhirnya, motormu bakal susah dinyalakan.

Baca Juga: Tiga Pabrikan Motor Ini Konsisten Bikin Motor Berdesain Klasik

3. Ganti oli secara berkala

5 Tips Merawat Motor Matic Tua biar Panjang Umur!unsplash/Austris Augusts

Untuk mesin motor matic yang berusia tua, kamu wajib mengganti olinya secara berkala. Saat servis motor jangan lupa tanyakan mengenai oli kendaraanmu, ya. Paling tidak, setiap 3 bulan, wajib ganti oli kendaraanmu.

4. Cek aki jangan lupa!

5 Tips Merawat Motor Matic Tua biar Panjang Umur!Unsplash/albie patacsil

Jika oli wajib diganti tiap 3 bulan, aki juga wajib dicek setiap 6 bulan sampai 1 tahun. Jangan sampai telat karena bisa-bisa motormu gak mau menyala, lho.

5. Cek v-belt apakah sudah aus atau belum

5 Tips Merawat Motor Matic Tua biar Panjang Umur!asianwiki.com

Kalau motor manual punya rantai motor, motor matic ada v-belt. Nah, kalau di motor manual rantai motor harus diberi oli supaya gak aus dan berkarat, v-belt pada motor matic wajib dicek juga secara berkala. Biasanya, v-belt ini berusia 6 bulan sampai 1 tahun. Nah, jangan lupa untuk memastikan biar gak berhenti di tengah jalan, ya.

Gimana, sekarang jadi tahu kan merawat motor kesayangan biar panjang umur?

Baca Juga: Pengin Beli Motor Matic Budget Rp4 Juta? 5 Motor Ini Pilihannya!

Arkana Arkana Photo Verified Writer Arkana Arkana

Penggila buku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya