Comscore Tracker

Memasuki Musim Hujan, Waspadai 5 Masalah pada Motor Berikut Ini!

Kenali penyebabnya

Musim hujan sudah tiba. Bukan cuma kondisi tubuh yang perlu dijaga, sepeda motor juga harus diperhatikan. Selain berpotensi menimbulkan banjir, hujan juga bisa menimbulkan masalah pada sepeda motor kamu. Maka dari itu, penting sekali mengetahui masalah yang bisa muncul pada motormu saat musim hujan seperti berikut.

1. Busi banjir

Memasuki Musim Hujan, Waspadai 5 Masalah pada Motor Berikut Ini!Mobil123.com

Hal ini biasanya terjadi pada motor yang tidak dipasang penutup body. Kamu yang selalu membiarkan bagian motor terbuka, rawan membuat air masuk dan membasahi area busi maupun kelistrikan lainnya. Makanya penting untuk kalian agar melengkapi semua komponen motor.

2. Cat luntur

Memasuki Musim Hujan, Waspadai 5 Masalah pada Motor Berikut Ini!Pexels/ Pixabay

Sering diterpa hujan deras, lama-kelamaan cat motormu bisa luntur. Tampilan motor kamu menjadi tidak sekeren dulu. Coba jika hujan usahakan cari tempat berteduh. Atau, gunakan cover agar motormu gak kehujanan dan kepanasan saat diparkir.

Baca Juga: Laris Manis! Inilah 5 Motor yang Tidak Pernah Kehilangan Peminatnya

3. Mesin dingin

Memasuki Musim Hujan, Waspadai 5 Masalah pada Motor Berikut Ini!Pexels/ Mikes Photos

Hujan juga bisa menyebabkan mesin susah dinyalakan. Maka seringlah lakukan pemanasan pada motor secara rutin. Jangan terpaku pada stater tangan sesekali gunakan kick starter agar angin pada mesin keluar dengan sempurna.

4. Karatan

Memasuki Musim Hujan, Waspadai 5 Masalah pada Motor Berikut Ini!Pexels/ Brett Sayles

Setelah motor kamu terguyur hujan, pastikan kamu mencuci dan mengelapnya sampai bersih. Gunakan lap kecil untuk mengeringkan. Jangan sampai ada bagian yang masih basah karena hal ini bisa memicu karat.

5. Ban licin

Memasuki Musim Hujan, Waspadai 5 Masalah pada Motor Berikut Ini!Pexels/ Artem Bali

Perhatikan kondisi ban kamu ketika hujan karena berpotensi tergelincir. Ban yang basah disertai kondisi jalan yang becek menjadi pemicu kecelakaan fatal. Pastikan ulir pada ban kamu masih tebal. Bila banmu sudah mulai gundul, mendingan segera diganti. Selain itu, jangan lupa keringkan ban setelah terkena hujan.

Itulah beberapa masalah yang kerap terjadi pada sepeda motor kala musim hujan. Cegah sebelum terlambat, yuk!

Baca Juga: Ini Lho Alasannya Mengapa Motor Matic Sekarang Lebih Disukai!

bayu prasetya Photo Writer bayu prasetya

penikmat tulisan dan sastra.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya