Comscore Tracker

5 Tips Saat Berkendara Motor di Malam Hari

Berkendara malam hari memang rawan dan perlu persiapan lebih

Berkendara motor di malam hari sangat berbeda dengan di siang hari, dan ada perasaan berbeda tentang berkendara motor di malam hari yang beragam di antara pengendara. Berkendara di malam hari bisa lebih menyenangkan saat kamu bisa melihat langit di malam hari, lampu perkotaan, dan jalanan yang sepi.

Berkendara di malam hari juga bisa membebaskan kamu dari kerumitan lalu-lintas di siang hari, yang sering memicu stres. Namun, ada pengendara tidak suka berkendara di malam hari karena masalah jarak pandang dan adanya kerawanan dalam beberapa hal.

Ada kekurangan dan kelebihan dari berbagai hal, tapi berikut adalah fakta yang bisa kamu cermati dan bisa jadi sebuah pengalaman seru berkendara motor di malam hari.

1. Perhatikan jarak pandang

5 Tips Saat Berkendara Motor di Malam Haridriving-test.org

Semua motor yang layak jalan punya lampu depan. Tapi beberapa motor dilengkapi dengan lampu depan yang lebih baik dibanding motor lainnya. Bergantung pada seberapa baiknya performa lampu depan motor di jalanan, kamu bisa memilih untuk mengganti lampu depan dengan yang lebih terang untuk meningkatkan jarak pandang.

Sebelum memutuskan untuk berkendara di malam hari, pastikan lampu depan motor berfungsi secara layak. Selain itu, usahakan menjaga lampu depan tetap bersih untuk menghindari adanya noda yang bisa mengurangi terangnya lampu.

Direkomendasikan untuk mengenakan jenis rompi yang reflektif. Hal tersebut akan meningkatkan kewaspadaan selama di jalanan.

2. Pilih kaca helm yang sesuai

5 Tips Saat Berkendara Motor di Malam Harinewscientist.com

Biasanya pengendara menyukai kaca helm gelap untuk berkendara di siang hari agar mengurangi pantulan sinar matahari. Kaca helm gelap bagus untuk siang hari, tapi saat gelap justru akan mengurangi penglihatan pengendara.

Jika kamu sering berkendara di malam hari, sebaiknya gunakan kaca helm terang. Ada juga helm yang dilengkapi dengan kaca helm ganda yang bisa dipakai secara bergantian. Selain itu, bawa juga kain untuk lap membersihkan kaca helm!

Baca Juga: 5 Tips Dasar Keselamatan Berkendara Motor, Kamu Wajib Tahu!

3. Pantau kondisi cuaca

5 Tips Saat Berkendara Motor di Malam Harirevzilla.com

Cuaca bisa berubah-ubah tergantung lokasi, tapi yang harus selalu diperhatikan di mana pun adalah suhu dingin di malam hari. Rendahnya suhu sedikit menimbulkan masalah untuk pengendara karena udara dingin yang menusuk bisa menambah rasa lelah.

Kamu akan merasa lebih baik jika mengenakan jaket tambahan dan celana panjang, tergantung seberapa dingin cuaca yang harus kamu hadapi selama di jalanan.

Cuaca dingin malam hari juga bisa membuat ban motor kehilangan keseimbangan karena kondisi jalan licin karena embun dan kabut. Selalu perhatikan kondisi cuaca, sehingga kamu bisa selalu waspada.

4. Waspada bahaya di jalan

5 Tips Saat Berkendara Motor di Malam Hariitsafineline.com

Bahaya bisa muncul di mana saja saat kamu berkendara. Jalanan pinggiran kota di malam hati kadang banyak hewan liar menyeberang, kadang mereka bisa melompat di jalan tanpa kamu duga. Selalu waspada, jaga keselamatan dengan menghindari menabrak apa pun, maka kamu tidak akan membahayakan diri sendiri atau orang lain di jalanan.

Kamu juga bisa menjadi sumber bahaya jika mulai mengantuk. Sebagai pengendara motor, kamu harus selalu siap bereaksi jika ada rintangan di jalan.

Selain itu, lubang di jalan bisa menjadi masalah besar di malam hari. Selalu perhatikan kendaraan di depanmu. Jika kamu melihat kendaraan itu terguncang, maka kamu harus menyadari di mana dan kapan harus menghindari lubang di jalan.

5. Perhatikan pengendara lain

5 Tips Saat Berkendara Motor di Malam Hariinverse.com

Kamu harus selalu memperhatikan pengendara lain saat berkendara motor, tapi memperhatikan pengendara lain di malam hari bisa sedikit merepotkan. Beberapa pengendara punya masalah penglihatan di malam hari dan berbahaya saat mereka berbelok atau menikung. Jaga jarak aman dan waspada pengendara di depan atau belakangmu.

Berkendara motor di malam hari bisa jadi sangat rawan, kamu harus meningkatkan kewaspadaan dibanding di siang hari. Semoga tips di atas bisa membantu perjalananmu di malam hari.

Baca Juga: 5 Tanda Kampas Rem Motor Harus Sering Diganti, Apa Saja?

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You