Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Agar Motor Hemat Bahan Bakar

Bisa dicoba nih, bro dan sist sekalian!

Belajar bagaimana agar motor hemat bahan bakar akan mengurangi beban pengeluaran yang harus ditanggung pemilik kendaraan, dan tentu saja mengurangi dampak buruk pada lingkungan.

Cara berkendara yang baik dan perawatan motor yang layak adalah cara sederhana mengurangi konsumsi bahan bakar. Berikut beberapa tips mengurangi konsumsi bahan bakar pada motor.

1. Filter udara yang bersih

5 Cara Sederhana Agar Motor Hemat Bahan Bakarscooter-planet.nl

Menjaga filter udara motor tetap bersih adalah salah satu cara mengurangi konsumsi bahan bakar. Filter udara cepat kotor saat motor sering digunakan, biasanya berdebu atau berpasir.

Rutin membersihkan filter udara motor atau menggantinya jika dibutuhkan adalah langkah perawatan suku cadang yang membuat mesin motor tidak terasa berat, sehingga konsumsi bahan bakar tidak terlalu banyak.

2. Busi yang bersih

5 Cara Sederhana Agar Motor Hemat Bahan Bakarstartrescue.co.uk

Salah satu cara yang akan membantumu mengurangi konsumsi bahan bakar motor adalah dengan selalu menggunakan busi bersih yang direkomendasikan oleh pabrikan motor. Kondisi busi yang kotor kadang jadi masalah motor tidak bisa melaju dengan lancar, dan tentu membuat boros bahan bakar.

Baca Juga: Praktis dan Gak Ribet, 5 Motor Matik Paling Populer Selama 2019

3. Cara berkendara yang halus

5 Cara Sederhana Agar Motor Hemat Bahan Bakargearpatrol.com

Dengan cara berkendara motor yang halus dan aman, juga akan mengurangi konsumsi bahan bakar yang berlebihan. Coba untuk selalu melaju dengan kecepatan konstan, dan hindari menarik tuas gas berlebihan atau pengereman berat, kecuali kondisi darurat.

4. Tekanan ban yang cukup

5 Cara Sederhana Agar Motor Hemat Bahan Bakarmotorcycle.com

Kamu juga harus memeriksa tekanan ban pada motor dalam kondisi cukup. Bukan hanya untuk alasan keselamatan, karena jika tekanan udara ban kurang, selain akan meningkatkan gesekan ban dengan permukaan jalan, tapi juga menghabiskan banyak bahan bakar motor.

5. Pakaian pengendara yang sesuai

5 Cara Sederhana Agar Motor Hemat Bahan Bakareconomictimes.com

Pakaian yang kamu kenakan saat berkendara motor juga akan membantumu mengurangi konsumsi bahan bakar. Jadi, jika kamu mengenakan jaket yang longgar, tekanan angin yang besar akan menghambat laju motor. Hal ini akan berdampak pada jumlah konsumsi bahan bakar yang banyak. Lebih baik gunakan jaket yang pas ukuran tubuh.

Itulah lima cara sederhana mengurangi konsumsi bahan bakar motor. Kamu bisa menerapkannya untuk mengurangi biaya yang biasa dikeluarkan.

Baca Juga: 5 Alasan Motor Mengeluarkan Suara Bising Berlebihan

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya