Comscore Tracker

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Berkendara Motor di Jalanan

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan

Kita sering punya kebiasaan buruk berkendara motor tanpa disadari. Tentu, jika mengetahui kebiasaan buruk itu kita akan memperbaikinya sebisa mungkin.

Nah, berikut adalah lima kebiasaan buruk berkendara motor yang kadang tidak kita sadari.

1. Tidak fokus melihat jalan

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Berkendara Motor di Jalananallstate.com

Banyak pengendara seolah merasa mahir berkendara motor di jalanan, dan mereka kadang tidak fokus melihat jalan yang mereka lalui.

Padahal, laju pengendara motor di jalan bisa mencapai 20 m per detik. Artinya, jika melihat ke depan sejauh 20 m, kita hanya punya 1 detik guna mengambil keputusan jika muncul bahaya di jalan.

2. Tidak memakai sepatu saat berkendara

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Berkendara Motor di Jalananmotolegends.com

Kita mungkin bertanya, "kenapa tidak pakai sepatu menjadi masalah?". Faktanya, ada saat kita ceroboh kehilangan pijakan kaki saat berkendara, dan sialnya kita tidak memakai sepatu.

Kaki kita menyentuh tanah atau terbentur pijakan motor, sehingga melukai telapak kaki atau tungkai sampai robek. Mungkin juga lukanya tidak parah, tapi ada goresan di kaki.

3. Merasa kemampuan berkendaranya sudah mahir

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Berkendara Motor di Jalananadventureherald.com

Hanya karena kita sudah terbiasa berkendara motor sampai 70 km per jam, bukan berarti kita bisa mengendalikan situasi di jalan.

Kondisi jalan bukanlah sesuatu yang mudah diprediksi, selalu ada risiko bagi pengendara motor semahir apapun dia. Pengendara yang bijak selalu waspada di jalan yang dilaluinya.

Baca Juga: 5 Hal yang Jadi Indikator Aki Motor Bermasalah, Cek Ya!

4. Tidak waspada saat di tikungan

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Berkendara Motor di Jalananrideapart.com

Banyak pengendara dengan santai menikung tajam tanpa peduli apa yang akan muncul di depannya. Memang jika sudah merasakan asyiknya berkendara motor, sulit bagi kita menjadi sedikit lebih waspada.

Tikungan adalah sesuatu yang memiliki titik buta pengendara, kita tidak tahu apa muncul di depan. Saat menikung, cermati kondisi jalan dan kurangi kecepatan motor.

5. Berkendara dalam kondisi tidak sehat

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Berkendara Motor di Jalananautotrader.co.uk

Jika kondisi tubuh kurang sehat, lebih baik hindari berkendara motor, beristirahat, dan jangan terlalu memaksakan diri.

Kebiasaan ini banyak ditemukan di saat liburan mudik lebaran. Karena ingin cepat sampai, pengendara motor memaksakan diri untuk tetap berkendara, padahal keadaannya tidak sedang sehat. Hal ini sangat berbahaya bagi kita dan juga pengguna jalan lainnya.

Itulah lima kebiasaan buruk berkendara motor yang sadar atau tidak sering kita lakukan. Perbaiki perilaku kita agar selamat di jalan!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Modifikasi Motor Secara Berlebihan

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya