Comscore Tracker

5 Langkah Merawat Mesin Motor Agar Performanya Tetap Oke

Lakukan agar motor tetap prima

Kamu membeli motor baru dan sangat bahagia. Setelah beberapa lama periode uji coba, mesin motor baru itu akan mencapai puncak performa. Namun, dalam beberapa bulan kamu mungkin mulai mengabaikan perawatan kunci atas mesin motormu.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk memastikan mesin motormu tetap dalam puncak performa.

Jadi, berikut ini IDN Times Otomotif akan kasih kamu lima cara merawat mesin motor yang baik dan benar, supaya menjaga performanya semakin maksimal.

Tidak ada yang sulit, hanya beberapa langkah sederhana agar mesin motormu tahan lama dan mungkin saja bisa menghemat uangmu.

1. Cek secara visual kondisi rantai motor

5 Langkah Merawat Mesin Motor Agar Performanya Tetap Okeaĺlstate.com

Ini adalah hal paling utama yang harus kamu perhatikan sebelum mengendarai motor. Transmisi tenaga dari mesin ke roda belakang pasti melalui rantai. Ini adalah komponen kunci pada motor yang sering mengalami masalah. Sebuah rantai yang terlalu kencang atau terlalu kendur akan banyak menimbulkan suara berisik.

Jadi, pastikan kamu selalu cek tegangan rantai agar sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Pada instruksi manual motor kamu akan menemukan penjelasan tentang cara mengatasi masalah pada rantai motor.

2. Gunakan bahan bakar oktan rekomendasi pabrikan

5 Langkah Merawat Mesin Motor Agar Performanya Tetap Okefortsaskonline.com

Kadar oktan adalah ukuran bahan bakar yang diizinkan kamu gunakan sesua dengan kombusi mesin. Kamu harus selalu menggunakan kadar oktan yang direkomendasikan oleh pabrikan motormu, dan kamu bisa menemukan informasinya pada stiker di tangki, atau di buku instruksi manual.

Jika kamu menggunakan bahan bakar oktan rendah dibanding yang seharusnya mesin gunakan, mesin akan berjalan dengan lamban, menimbulkan kerusakan bagian dalam mesin, dan juga sistem kontrol emisi.

Tapi, jika kamu menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi, mesin motor tidak akan mengalami masalah apa pun, bahkan kamu mungkin akan merasakan peningkatan performa mesin motormu.

Baca Juga: 5 Penyebab Akselerasi Motor Lemah dan Cara Mengatasinya

3. Mengganti cairan pendingin mesin tiap dua tahun

5 Langkah Merawat Mesin Motor Agar Performanya Tetap Oketherideadvice.com

Cairan pendingin mesin berguna untuk menjaga mesin tetap berfungsi di kondisi cuaca ekstrem. Cairan ini adalah campuran glycol dan air yang punya beragam warna berdasarkan merknya, menjaga mesin bekerja pada suhu optimal, mencegah terbentuknya karat dalam mesin dan juga mencegah tumpukan mineral pada mesin.

Cek level cairan pendingin mesin secara rutin dan pastikan cairan di atas batas minimum tapi juga di bawah batas maksimum, dan ganti cairan tiap dua tahun sekali.

Hal itu bergantung bagaimana dan di mana kamu berkendara, pada kondisi ekstrem kamu harus sering mengganti cairan pendingin. Selain itu, lihat di instruksi manual motor untuk mengetahui jenis cairan yang harus digunakan.

4. Cek kondisi busi setelah jarak tempuh yang panjang

5 Langkah Merawat Mesin Motor Agar Performanya Tetap Okestartrescue.co.uk

Busi memperoleh tenaga listrik dari distributor, dan menghasilkan percikan api yang dibakar oleh campuran bensin dan udara di ruang pembakaran. Fungsi busi sangat vital, maka jangan biarkan busi mengalami aus atau kerusakan.

Selalu mengacu pada instruksi manual motor untuk tahu rekomendasi pabrikan kapan busi harus diganti. Jarak yang sudah ditempuh dan kondisi jalan punya pengaruh signifikan terhadap daya tahan busi sebelum aus atau rusak.

5. Ganti oli mesin secara berkala

5 Langkah Merawat Mesin Motor Agar Performanya Tetap Okemotorbeam.com

Oli mesin menjaga semua bagian dalam mesin motor terlumasi dengan baik, mencegah mesin panas dan mengalami korosi. Hal itu jadi alasan mengapa level oli harus selalu diperhatikan, dan juga harus dipastikan mesin dilumasi dengan oli baru secara berkala sesuai spesifikasi pabrikan motor.

Oli mesin harus diganti secara berkala berdasarkan caramu berkendara. Contoh, jika kamu sering menggunakan motor untuk perjalanan sehari-hari, lebih baik mengganti oli bahkan sebelum oli melewati level minimumnya.

Selain itu, setiap kali oli mesin diganti, maka filter oli juga harus diganti. Sesuai dengan namanya, filter oli berfungsi menyaring semua kotoran dari oli yang masuk ke mesin.

Nah, itu tadi lima langkah untuk menjaga mesin motor tetap dalam performa oke. Terapkan pada motormu agar perjalananmu tidak mengalami hambatan.

Baca Juga: Motor Nganggur Sebulan Tetap Wajib Ganti Oli, Ini Penjelasannnya

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Wendy Novianto

Just For You