Comscore Tracker

5 Penyebab Akselerasi Motor Lemah dan Cara Mengatasinya

Supaya laju motormu tidak mengecewakan

Apakah motormu terasa lemah atau tak bertenaga saat menarik tuas gas? Hal tersebut karena respon gas lambat atau bisa jadi disebabkan masalah lain. Alasan utama akselerasi yang lemah terjadi karena lambatnya respon dari mesin saat tuas gas ditarik.

Jika kamu pernah mengalaminya, maka masalah ini harus segera diperbaiki sebelum merusak motor sepenuhnya atau menimbulkan adanya masalah lain, misalnya kecelakaan di jalan. Berikut adalah lima penyebab terjadinya respon gas yang lambat dan cara mengatasinya.

1. Busi tidak sesuai

5 Penyebab Akselerasi Motor Lemah dan Cara Mengatasinyastartrescue.co.uk

Semua jenis kendaraan baik mobil atau motor punya ukuran busi yang spesifik. Motor yang dilengkapi dengan busi yang tidak sesuai tentu akan menyebabkan respon gas atau akselerasi yang lambat. Masalah ini juga bisa memicu kerusakan lain, misalnya kerusakan mesin dan komponen lain.

Untuk memperbaiki busi motor yang tidak sesuai adalah dengan mengikuti petunjuk manual motor. Kamu juga bisa ke bengkel terdekat untuk segera mengganti busi yang sesuai melalui database bengkel.

2. Busi sudah aus

5 Penyebab Akselerasi Motor Lemah dan Cara Mengatasinyageneratorist.com

Busi yang kotor atau sudah aus harus segera diganti karena bisa jadi itu adalah alasan respon gas yang lambat. Busi yang sudah aus tidak cukup untuk menghasilkan akselerasi kencang.

Hal pertama yang harus kamu curigai menjadi penyebab motormu tidak bisa melacu kencang adalah busi. Jika kamu tahu ukuran yang sesuai, cabut saja busi motormu dan lihat kebersihannya. Busi harus diganti jika sudah kotor atau terlihat aus!

3. Bensin mengendap lama dalam tangki

5 Penyebab Akselerasi Motor Lemah dan Cara Mengatasinyafortsaskonline.com

Jika motormu jarang digunakan dan bensin dalam tangki yang jarang diganti, hal itu bisa menjadi penyebab mesin berjalan tidak konsisten dan respon gas yang lambat. Bensin yang mengendap lama biasanya tercampur dengan zat lain lalu menjadi jelek dan lembab, memicu kerusakan fungsi mesin.

Mengatasi masalah bensin yang mengendap lama dalam tangki motor sebenarnya sederhana, jangan biarkan motormu tidak terpakai dan bensin jarang diisi ulang. Jika kamu terpaksa mengistirahatkan motor, kuras terlebih dahulu besin dalam tangki sampai bersih!

Baca Juga: 6 Kelakuan Konyol Pengendara Motor Ini Bisa Berakibat Fatal 

4. Karburator kotor

5 Penyebab Akselerasi Motor Lemah dan Cara Mengatasinyamoto2n.com

Bensin yang mengendap lama dalam tangki dan jadi kotor tidak hanya berpengaruh terhadap mesin, tapi juga karburator. Hal itu bisa memicu sumbatan dalam karburator. Meski pun kamu sudah mengisi ulang bensin motor, karburator yang kotor tetap akan menghambat suplai bensin ke mesin.

Jika kamu tahu bahwa penyebab akselerasi motormu lambat adalah karburator yang kotor, maka bersihkan sesegera mungkin. Kamu perlu membongkar motormu, dan selalu perhatikan agar onderdilnya terorganisir dengan baik sembari membersihkan karburator.

5. Filter udara tersumbat

5 Penyebab Akselerasi Motor Lemah dan Cara Mengatasinyamotorcycle.com

Motor membutuhkan udara yang cukup dalam jumlah tertentu untuk ruang pembakarannya. Saat tidak ada cukup udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran akan memicu lambatnya akselerasi motor. Masalah ini mudah untuk diketahui, lihat saja pada filter udara yang kotor, tarikan gas yang tidak nyaman, dan mesin yang berisik!

Bergantung pada kondisi filter udara, rutinlah untuk selalu membersihkannya. Bongkar filter udara dan siram kotorannya dengan air, gunakan sabun cuci motor yang sesuai, lalu bilas lagi dengan air!

Ada banyak penyebab lain lemahnya tarikan gas motor, misalnya tegangan rantai, injeksi bahan bakar, tuas gas, dan suspensi motor. Berdasarkan hal-hal yang sudah disebutkan di atas, selalu perhatikan perawatan motormu dan bila ada kerusakan perbaiki sesegera mungkin.

Baca Juga: 4 Tip Aman Touring dengan Sepeda Motor

Bayu Widhayasa Photo Community Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You