Comscore Tracker

5 Hal Penyebab Motor Sulit Dinyalakan, Coba Cek!

Ketahui penyebab motormu sulit dinyalakan!

Tidak ada yang lebih bikin frustasi dibanding motormu tidak bisa nyala saat kamu sedang buru-buru. Memang ada kalanya sikap tidak peduli kita bisa memicu rasa frustasi.

Tapi dengan tetap kalem dan melakukan cek sederhana, kita bisa menyelesaikan masalah motor yang tidak mau menyala. Berikut lima hal yang harus diperiksa jika motor tidak bisa nyala.

1. Aki motor sudah lemah atau rusak

5 Hal Penyebab Motor Sulit Dinyalakan, Coba Cek!motorcycle.com

Aki yang tertanam dalam motor sebenarnya adalah sumber utama sistem listrik motor. Untuk kendaraan roda dua dengan starter listrik pasti bergantung pada fungsi aki.

Aki motor yang sudah terlalu lama dipakai dan lemah biasanya tidak mampu menopang lagj kinerja motor.

Beberapa tanda aki yang lemah atau rusak biasanya diindikasikan dengan klakson, lampu, dan starter motor yang sepenuhnya tidak berfungsi.

2. Aliran bahan bakar tersumbat

5 Hal Penyebab Motor Sulit Dinyalakan, Coba Cek!motorcyclehabit.com

Salah satu penyebab motor tidak bisa nyala adalah tersumbatnya aliran bahan bakar dari tangki menuju ruang pembakaran di mesin.

Saat aliran bahan bakar tersumbat, tangki akan menyuplai bensin dengan tekanan rendah, jadi motor sulit dinyalakan. Untuk mengatasi masalah ini biasanya sumbatan dibuka dengan kawat, jarum, atau meniup selang aliran bahan bakar.

Baca Juga: 4 Gejala Busi Motor Sudah Harus Diganti, Biar Gak Mogok di Jalan

3. Tuas kopling tidak berfungsi

5 Hal Penyebab Motor Sulit Dinyalakan, Coba Cek!shell.com.gh

Saat kamu menyalakan motor dan memindah transmisi gir, kamu perlu menarik tuas kopling dengan layak. Tapi kadang tuas kopling tidak berfungsi dengan benar dan motor tak bisa dinyalakan. Dalam kasus tertentu, masalah ini bisa diselesaikan dengan transmisi gir dalam posisi netral, lalu kamu bisa mencoba lagi menyalakan motor.

4. Knalpot tersumbat

5 Hal Penyebab Motor Sulit Dinyalakan, Coba Cek!motorcyclistonline.com

Adanya sumbatan pada knalpot juga menjadi alasan motor tidak bisa dinyalakan. Pemicu sumbatan pada knalpot juga beragam, dan bisa saja karena keisengan seseorang. Jadi, kamu harus memeriksa knalpot motormu karena bisa ada benda asing di dalamnya.

5. Busi sudah aus

5 Hal Penyebab Motor Sulit Dinyalakan, Coba Cek!artofmanliness.com

Busi yang sudah aus dan menghitam adalah penyebab motor sulit dinyalakan yang paling sering ditemui. Kamu tidak perlu menjadi mekanik untuk mengatasi masalah ini. Cukup cabut busi, ganti yang baru, dan coba lagi nyalakan motor.

Nah, itulah lima hal yang menjadi penyebab motor sulit dinyalakan. Coba periksa apakah motor milikmu mengalami masalah tersebut di atas.

Baca Juga: Agar Awet, Ini 5 Tips Mengatasi Munculnya Karat pada Motor

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya