Comscore Tracker

5 Tips Menggunakan Rem Motor Secara Benar dan Aman

Pahami cara menggunakan rem motor dan waspada kondisi jalan

Belajar cara menggunakan rem adalah faktor penting saat mengendarai motor. Saat kamu berkendara, selalu gunakan rem depan dan belakang agar kecepatan motor terkendali.

Selama kamu paham cara menggunakan rem dan selalu waspada kondisi jalan, maka kamu bisa mengendarai motor dengan aman. Nah, berikut adalah beberapa tips penggunaan rem motor yang harus kamu ketahui.

1. Lakukan pengereman pada waktu yang tepat berdasarkan kecepatan motor

5 Tips Menggunakan Rem Motor Secara Benar dan Amanliveabout.com

Rata-rata waktu bereaksi sebelum melakukan pengereman sekitar 0,62 detik. Saat kamu melakukan pengereman, waktu yang akan dibutuhkan semakin lama jika kamu melaju kencang.

Jika kamu melaju 48 km per jam, dibutuhkan sekitar 2,39 detik untuk benar-benar berhenti dalam jarak sekitar 20 m. Selalu lakukan pengereman dengan jarak aman antara motormu dengan kendaraan lain di depanmu.

2. Kendurkan tarikan gas

5 Tips Menggunakan Rem Motor Secara Benar dan Amanboostatv.com

Tuas gas terletak di sisi kanan kemudi motor. Kendurkan tarikan gas jika ingin melambat atau berhenti. Saat tarikan gas dikendurkan, motor akan melambat secara perlahan karena suplai bahan bakar ke mesin berkurang.

Baca Juga: 3 Tip Menarik Tuas Rem, Biar Motor Gak Ngepot

3. Injak pedal rem dengan kaki kanan

5 Tips Menggunakan Rem Motor Secara Benar dan Amancycleworld.com

Pedal rem belakang terletak di sisi kanan mesin motor. Saat kamu ingin mengurangi kecepatan, gunakan jempol kaki kanan untuk menekan pedal rem belakang. Jangan sampai menekan terlalu keras, karena akan membuat roda terkunci dan kamu kehilangan kendali atas motor.

4. Tarik tuas rem depan dengan 2 jari

5 Tips Menggunakan Rem Motor Secara Benar dan Amandaily.wordreference.com

Tuas rem depan terletak di sisi kanan kemudi, tepat di depan tuas gas motor. Jika ingin menggunakan tuas rem depan, gunakan jari tengah dan telunjuk untuk menarik tuas rem secara perlahan agar roda tidak terkunci dan kehilangan kendali motor.

5. Tahan kopling agar motor melambat

5 Tips Menggunakan Rem Motor Secara Benar dan Amanmotorcycle.com

Tuas kopling terletak di sisi kiri kemudi motor. Jika ingin melambat, tarik tuas kopling motor. Hal ini akan membantu motormu melambat dan membuatmu bisa menurunkan kecepatan gear motor.

Itulah lima tips penggunaan rem motor agar kamu tetap berkendara dengan aman. Apa kamu sudah bisa menerapkannya?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Rutin "Memanaskan" Motor Wajib Dilakukan, Apa Saja?

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya