Comscore Tracker

6 Tips Persiapan untuk Berkendara Jarak Jauh dengan Motor

Persiapkan diri dan kendaraan sebaik-baiknya!

Menempuh perjalanan jarak jauh dengan motor adalah pengalaman seru bagi beberapa orang. Melakukan persiapan matang sebelum menempuh perjalanan jarak jauh adalah hal penting yang harus dilakukan pengendara yang berpengalaman.

Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa membantumu untuk melakukan persiapan perjalanan jarak jauh dengan motor.

1. Gunakan motor yang sesuai

6 Tips Persiapan untuk Berkendara Jarak Jauh dengan Motormotorcycle.com

Motor yang digunakan untuk menempuh jarak yang jauh harus dipilih dengan tepat. Motor paling ideal untuk perjalanan jarak jauh adalah jenis motor touring.

Ada banyak jenis motor, tapi yang paling sesuai untuk perjalanan jarak jauh adalah motor dengan jok yang nyaman. Jok dengan posisi duduk tegap adalah pilihan paling baik karena tidak akan membebani punggung pengendara.

2. Pengalaman berkendara

6 Tips Persiapan untuk Berkendara Jarak Jauh dengan Motorgearpatrol.com

Jika kamu belum berpengalaman berkendara jarak jauh dengan motor, maka kamu tidak disarankan untuk melakukannya. Berkendara dengan jarak yang jauh dan waktu yang lama perlu pergerakan dinamis dan posisi duduk  yang menggerus ketahanan dan stamina dari pengendara motor.

Untuk latihan, kamu bisa mulai dengan perjalanan jarak pendek. Hal ini akan memberi kamu pengalaman dan terbiasa dengan posisi duduk yang membuat kamu nyaman berkendara motor. Selain itu, kamu bisa memprediksi masalah-masalah yang bisa muncul di jalan.

Baca Juga: 5 Tips Saat Berkendara Motor di Malam Hari

3. Membuat perencanaan

6 Tips Persiapan untuk Berkendara Jarak Jauh dengan Motormotorcyclenews.com

Perjalanan jarak jauh dengan motor perlu rencana matang. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan adalah keberadaan pom bensin, rute perjalanan, dan rencana jika memang harus bermalam jika belum sampai di tujuan akhir perjalanan.

4. Perawatan motor yang layak

6 Tips Persiapan untuk Berkendara Jarak Jauh dengan Motoractwitty.com

Sebelum berencana melakukan perjalanan jarak jauh dengan motor, sebaiknya harus diperiksa dahulu kondisi kelayakan motor. Kondisi motor yang prima dibutuhkan untuk melaju di jalanan dengan jarak yang jauh dan waktu yang lama.

Periksa oli mesin, kampas rem dan kondisi ban. Jika sesuatu terasa tidak benar, segera lakukan perbaikan karena berisiko pada keselamatan pengendara motor sendiri dan orang di jalan.

5. Menggunakan GPS

6 Tips Persiapan untuk Berkendara Jarak Jauh dengan Motoradvpulse.com

Dengan makin majunya teknologi, sangat disarankan untuk menggunakan GPS agar mencapai lokasi tujuan tanpa kendala. Kini, sistem navigasi secara online telah diperbaharui secara konsisten agar pengguna sampai tujuan lebih cepat. GPS adalah alat bantu yang sangat ideal agar kamu bisa mencapai lokasi tujuan.

6. Perlengkapan keselamatan berkendara

6 Tips Persiapan untuk Berkendara Jarak Jauh dengan Motorocregister.com

Kamu harus punya kelengkapan berkendara yang layak sebelum melakukan perjalanan jarak jauh dengan motor, seperti helm, jaket, sepatu, dan sarung tangan. Perhatikan kondisi cuaca, sehingga kamu tahu perlengkapan apa saja yang harus dibawa.

Semoga semua tips-tips di atas bisa sangat berguna untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan jauh dengan motor. Selamat berkendara!

Baca Juga: 5 Tips Berkendara Saat Terjebak dalam Demo Besar, Jangan Panik!

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You