Comscore Tracker

7 Tips Supaya Motormu Awet dan Panjang Umur

Jadikan kebiasaan yang baik!

Mempunyai motor sendiri memang sangat menyenangkan, tapi motor juga harus dirawat dengan layak agar awet. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjamin motormu tetap awet dan selalu bisa digunakan.

Nah, berikut tujuh tips yang bisa membantu agar motormu tetap awet dan performanya selalu memuaskan.

1. Servis secara berkala

7 Tips Supaya Motormu Awet dan Panjang Umuractwitty.com

Jika kamu memutuskan untuk membeli sebuah motor baru, pabrikan akan memberi aturan servis yang harus diikuti setelah jarak tempuh 1000 km pertama dan selanjutnya. Pastikan kamu mengikuti aturan ini untuk mencegah kerusakan pada mesin.

Jika kamu gagal mengikuti, kamu bisa memicu kerusakan berat pada motor. Membiarkan motor tidak diservis setelah jarak tempuh yang panjang atau mengendarainya secara agresif bisa lebih memicu bahaya bagi motor dan pengendara.

2. Kendarai secara layak

7 Tips Supaya Motormu Awet dan Panjang Umurgearpatrol.com

Ada anggapan salah pada banyak pengendara, hanya karena mengendarai superbike yang dirancang untuk performa tinggi, mereka memacu motornya sampai melampaui batas. Padahal hal tersebut sangat tidak direkomendasilan. Salah satu cara termudah agar motor awet adalah dengan mengendarainya secara layak.

Pengereman secara agresif dan tiba-tiba bisa berdampak buruk pada ban dan rem motor. Memacu kecepatan secara berlebihan bisa memicu panas dan membahayakan mesin. Ingat bahwa jalan tidak selalu mulus dan kerusakan pada motor bisa juga dipicu oleh kondisi jalan.

3. Cuci secara rutin

7 Tips Supaya Motormu Awet dan Panjang Umurmotorcyclistlifestyle.com

Mencuci motor sendiri selain hemat waktu dan uang, tapi juga menjaga motor tetap terlihat bersih. Mencuci motor bisa membersihkan bagian-bagian penting motor dari material penyebab karat. Sebelum mencuci motor, pastikan kamu tahu jenis sabun apa yang boleh dan tidak boleh digunakan, sehingga tidak merusak cat motor.

Baca Juga: Memasuki Musim Hujan, Ini Tip Melewati Banjir Dengan Motor

4. Periksa dan lumasi rantai

7 Tips Supaya Motormu Awet dan Panjang Umurbegin-motorcycling.co.uk

Saat mencuci motor, kamu juga perlu memeriksa rantai dan melumasinya secara layak. Pemeriksaan rantai sangat krusial agar motor tetap awet. Hal ini harus dilakukan, karena rantai adalah suku cadang penting motor yang harus dirawat.

Pastikan bahwa ketegangan rantai selalu dalam ukuran yang benar. Rantai yang terlalu tegang bisa memicu masalah pada gearbox dan roda. Rantai harus selalu dibersihkan sebelum dilumasi.

5. Bersihkan dan ganti filter udara secara berkala

7 Tips Supaya Motormu Awet dan Panjang Umurfixmyhog.com

Filter udara adalah media untuk motor bernapas, tersumbat atau kotor bisa memicu bahaya pada mesin karena udara bersih tidak bisa masuk. Filter yang tersumbat mencegah terbentuknya campuran bensin dan udara, sehingga motor tidak menghasilkan tenaga.

Kamu bisa melihat panduan manual perawatan motor untuk mengetahui frekuensi filter udara harus dibersihkan atau diganti. Sangat penting untuk membersihkan atau mengganti filter udara setelah berkendara dari jalanan yang berlumpur atau berdebu.

6. Periksa tekanan ban

7 Tips Supaya Motormu Awet dan Panjang Umurmotorcycle.com

Memastikan ban motor selalu dalam tekanan pas adalah cara mudah dan penting agar motor awet. Jika tekanan ban motor terlalu rendah akan meningkatkan panas dan memicu ban meletus. Hal ini membahayakan struktur ban dan memicu bahaya di jalan. Jaga level tekanan udara ban dalam kondisi pas agar ban dan motor selalu awet.

7. Tutupi motor saat diparkir

7 Tips Supaya Motormu Awet dan Panjang Umurautoquarterly.com

Rekomendasi terakhir agar motormu awet adalah dengan menutupinya jika kamu parkir di luar ruangan. Sinar matahari sangat berdampak pada kerapuhan bodi motor. Selain itu, menutupinya juga akan melindungi dari kondisi cuaca seperti hujan. Dengan cover yang berkualitas, pikiran bisa tenang dari perubahan cuaca saat parkir di luar ruangan.

Merawat motor supaya awet sebenarnya sederhana jika mengikuti saran-saran di atas. Ingat, kamu tidak harus melakukannya setiap hari, tapi harus menjadikannya kebiasaan. Jadi, ikuti saran-saran tersebut agar motormu panjang umur!

Baca Juga: Motor Terendam Banjir? Ini 5 Langkah Pertama Penanganannya

Bayu Widhayasa Photo Community Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You