Comscore Tracker

Demi Hobi, Ini 5 Tips untuk Merawat Motor Tua

Buat motor tua kesayanganmu tetap keren!

Jika kamu hobi motor, khususnya motor tua, kamu harus tahu segala yang diperlukan motor tua. Harus diketahui bahwa bodi dan suku cadang motor tua mudah mengalami kerusakan karena termakan usia. Namun, berikut lima tips untuk merawat estetika motor tua agar dalam kondisi prima.

1. Cegah suku cadang motor berkarat

Demi Hobi, Ini 5 Tips untuk Merawat Motor Tuaanalogmotorcycles.com

Karat adalah masalah terbesar dari motor tua. Rantai motor salah satu suku cadang yang mudah teroksidasi, sehingga mudah aus dan rontok.

Solusi dari masalah tersebut sederhana, kamu harus menjaga rantai selalu terlumasi, dan gunakan motor melaju dalam jangka waktu tertentu agar rantai tetap berfungsi normal.

2. Periksa kondisi aki motor

Demi Hobi, Ini 5 Tips untuk Merawat Motor Tuamotorcycle.com

Aki motor adalah salah suku cadang paling rentan, baik motor baru atau tua. Dalam banyak kasus, jika aki sudah terlalu tua dan sering bermasalah, lebih baik ganti saja aki dengan yang baru.

Jika kamu enggan mengganti aki baru, kamu bisa membeli alat pengisi daya aki untuk isi ulang dari waktu ke waktu. Jika aki tidak diisi ulang, kinerja sistem kelistrikan motor akan terganggu bahkan beberapa bagian motor bisa rusak.

3. Ganti ban yang sudah aus

Demi Hobi, Ini 5 Tips untuk Merawat Motor Tuasimple.com

Jika kamu hobi menggunakan motor tua dalam jangka waktu lama, lebih baik ganti ban orisinalnya dengan yang baru. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan ban yang sudah termakan usia. Periksa tingkat aus ban apakah masih layak digunakan.

Baca Juga: Motor-Motor Bekas Ini Bisa Kamu Beli dengan Harga di Bawah Rp5 Juta

4. Lumasi silinder dan piston

Demi Hobi, Ini 5 Tips untuk Merawat Motor Tuatwelfthroundauto.com

Meski motor tua, jika masih berfungsi tetap harus dijalankan dalam frekuensi tertentu dan tidak dijadikan pajangan. Motor yang berdiam diri terlalu lama akan merusak mesinnya. Selalu lumasi silinder dan piston sebelum motor digunakan.

5. Bawa ke bengkel jika ada kerusakan cukup berat

Demi Hobi, Ini 5 Tips untuk Merawat Motor Tuacycleworld.com

Jika motor tua milikmu membutuhkan lebih dari sekadar perawatan rutin sederhana, misalnya ada kerusakan di bagian mesin, jangan pernah coba untuk mengatasi sendiri, langkah terbaik adalah membawanya ke bengkel ahli. Perbaikan oleh ahli dilakukan untuk mencegah risiko menjalankan motor tua.

Itulah lima tips perawatan untuk kamu yang hobi motor tua. Motor tua bukan hanya sekadar estetika, tapi juga fungsi harus tetap prima.

Baca Juga: 5 Langkah Sederhana Mengatasi Mesin Motor Terendam Banjir

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya