5 Skutik Adventure Gagah yang Rilis di Pasaran

Mana nih yang pengen kamu miliki?

Ketika pertama kali booming, skuter matik memang lebih ditujukan untuk pemakaian dalam kota. Seiring dengan waktu, sejumlah inovasi pun dilakukan, termasuk menghadirkan varian skutik adventure.

Sedikit berbeda dengan skutik kebanyakan, model petualang ini hadir dengan bodi yang macho dan tegas. Beberapa pabrikan pun sudah menggarap segmen ini dan merilis skuter adventure mereka di pasaran global, termasuk Indonesia.

1. Honda ADV 150

5 Skutik Adventure Gagah yang Rilis di Pasaraninstagram.com/ghandi_gunakur

Skutik adventure terbaru yang sedang happening di pasaran Indonesia. Diluncurkan pertama kali dalam gelaran GIIAS 2019, sepeda motor ini dihadirkan oleh Honda terutama untuk mereka yang gemar melakukan touring.

Punya bodi futuristik dan tangguh, Honda ADV 150 sudah didukung dengan sejumlah fitur keren. Lampu mengusung teknologi LED, punya fitur adjustable windscreen, serta menggendong mesin 150cc adventure yang diklaim perdana di Indonesia.

Saat pertama kali mengaspal pada pertengahan Juli 2019, PT AHM menghadirkan Honda ADV 150 dalam dua varian. Tipe CBS-ISS dijual dengan harga Rp33,5 jutaan, sedangkan model ABS-ISS dilepas dengan banderol Rp36,5 jutaan.

2. Yamaha X-Ride

5 Skutik Adventure Gagah yang Rilis di Pasaran@desfahari via instagram.com/yamahaxride_id

Sebelum Honda ADV 150 mengaspal, kompatriot sekaligus kompetitor utama, Yamaha, sudah merilis skutik petualang di pasaran dalam negeri. Bernama Yamaha X-Ride, skutik ini awalnya mengusung mesin berkapasitas 115cc.

Kemudian, pada pertengahan 2017 lalu, PT YIMM melakukan ubahan pada varian X-Ride. Mesin sepeda motor otomatis tersebut ditingkatkan menjadi 125cc, sedangkan desain adventure dihadirkan dengan lebih tegas.

Sebagai skutik petualang, X-Ride tampil dengan bodi ramping dan ringan. Setang juga dibikin naked khas adventure. Melansir situs resmi YIMM, skuter ini hadir dalam empat varian warna dan ditawarkan dengan harga Rp18,035 jutaan.

Baca Juga: 6 Skuter dengan Bagasi yang Lapang, Bisa Muat 2 Helm!

3. Yamaha BWs 125

5 Skutik Adventure Gagah yang Rilis di Pasaranridemotorsports.com

Tidak banyak yang tahu, ternyata X-Ride buatan Yamaha memiliki saudara. Bernama Yamaha BWs 125 atau Yamaha Zuma, ini adalah skuter matik yang secara tampang bisa dibilang lebih sangar dan keren sebagai skutik petualang dibandingkan X-Ride.

Yamaha BWs 125 sendiri ternyata sudah berusia cukup tua, dirilis pertama kali pada tahun 2009 lalu. Sempat disuntik mati karena terlalu bergaya personal, Yamaha kembali menghadirkan varian ini pada tahun 2017 kemarin.

Generasi terbaru ini memang tampil dengan desain yang cenderung lebih lembut. Meski demikian, dapur pacu tetap mengusung mesin 125cc berdaya 8 HP. Untuk edisi 2018 kemarin, harga Yamaha BWs 125 berkisar Rp31,5 jutaan.

4. Lifan LF150-T

5 Skutik Adventure Gagah yang Rilis di Pasarangreatbiker.com

Sebelum Honda ADV 150 resmi mengaspal, pabrikan asal China, Lifan, ternyata sudah memiliki skutik adventure berdesain mirip X-ADV yang notabene kakak ADV 150. Bernama Lifan LF150-T, skuter ini hadir pada awal tahun 2019 lalu.

Secara desain, bentuk Lifan LF150-T memang khas skutik petualang yang kokoh dan gahar. Produk ini sudah membawa windshield tinggi, setang naked, suspensi depan upside down, hingga ban dual purpose.

Fitur motor ini gak berhenti di situ. Perusahaan juga menyematkan instrumen panel digital, sistem ABS untuk pengereman, hingga mounting side-box. Sementara, dapur pacunya didukung mesin silinder tunggal berkubikasi 150cc.

5. Honda X-ADV

5 Skutik Adventure Gagah yang Rilis di Pasaranvisordown.com

Kakak dari Honda ADV 150. Skuter matik Honda X-ADV pertama kali pamer diri dalam gelaran Indonesian International Motor Show (IIMS) 2018. Di pasaran dalam negeri, motor dalam kategori big bike ini dijual dengan harga Rp450 jutaan.

Punya banderol mahal, kualitas yang ditawarkan Honda X-ADV memang gak main-main. Sudah tersemat suspensi inverted telescopic, dilengkapi dengan tingkat peredaman yang dapat disetel, dua panel pada dashboard, hingga windshield yang bisa diatur.

Untuk bagian jantung pacu, Honda X-ADV membawa mesin tipe 4-tak, SOHC, twin silinder, pendingin cairan, berkapasitas 745cc. Skutik ini diklaim sanggup melontarkan tenaga puncak 40,3 kW pada putaran 6.250 rpm.

Nah, itu tadi deretan skuter matik bergaya adventure yang sudah resmi mengaspal di pasaran. Kira-kira kamu punya yang mana, nih?

Baca Juga: 6 Skuter Matic Populer di Indonesia, Tunggangan Anak Muda Kekinian

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You