Comscore Tracker

Buat Kamu yang Gak Sempat ke Bengkel, Rawat Motor dengan 5 Cara Ini

Gak hanya di bengkel, bisa kamu lakukan sendiri di rumah kok

Merawat motor agar selalu prima sudah menjadi suatu keharusan. Apalagi jika motor kamu dijadikan mobilitas sehari-hari yang notabene harus bermacet-macetan.

Nah, merawat motor gak harus selalu di bengkel kok. Lantas dimana dong? Bisa di rumah sendiri atau kosan teman misalnya, lebih hemat dan tentu saja simpel banget bahkan untuk kamu yang gak terlalu paham soal mesin bisa juga mencobanya? Seperti begini caranya!

1. Menggunakan carbon cleaner

Buat Kamu yang Gak Sempat ke Bengkel, Rawat Motor dengan 5 Cara Iniyamaha-motor.co.id

Menggunakan carbon cleaner  menjadi pilihan bagi kamu yang gak mau ribet bongkar-bongkar filter udara atau injektor bahkan karburator hanya untuk menyemprotkan karburator cleaner nih.

Hanya dengan menuangkan 1 botol carbon cleaner ke tangki motor setelah kamu mengisi bahan bakar. Perbandingannya 1 botol carbon cleaner dicampur dengan 3-5 liter bahan bakar. Untuk saran pemakaian kamu bisa memakai ini setiap 3000 km sekali.

Secara otomatis carbon cleaner akan membersihkan kerak yang ada di injektor atau karburator juga di ruang bakar tentunya. Lantas, mesin motor pun akan terasa lebih enteng.

Harganya pun gak mahal-mahal banget, cukup Rp 25 ribu-an untuk satu botol.

2. Menggunakan spray wax pada bodi motor

Buat Kamu yang Gak Sempat ke Bengkel, Rawat Motor dengan 5 Cara IniInstagram.com/autofinesse

Merawat bodi motor termasuk yang paling penting agar tampilan tetap kece, gak hanya mesin saja yang kudu prima. Dan, membuat motor kinclong gak melulu harus ke salon motor kok.

Bisa juga kamu lakukan secara mandiri di rumah. Tentu saja ada beberapa merek yang menawarkan penggunaan simpel. Tapi harus diingat, penggunan wax semprot sebelumnya bodi motor harus dicuci bersih dulu, agar gak terjadi baret-baret pas diusap dengan wax semprot. Harganya sendiri cukup mahal, yakni Rp 100 ribu-an, tapi untuk pemakaiannya bisa beberapa kali, apalagi untuk bodi sepeda motor.

Baca Juga: Gak Perlu Bongkar Mesin, Ini 5 Cara Mudah Agar Motor Lebih Irit BBM

3. Rutin melumasi rantai

Buat Kamu yang Gak Sempat ke Bengkel, Rawat Motor dengan 5 Cara IniInstagram.com/x.infinity.2018

Cara mudah menjaga rantai motor dalam keadaan terbaiknya tentu saja melumasi rantai motor secara rutin. Semisal rantai sudah mulai kering segera semprotkan pelumas rantai secara merata.

Kamu bisa menggunakan pelumas rantai seminggu sekali ataupun dua minggu sekali. Apalagi di musim hujan kayak gini, merawat rantai seperti lebih penting agar tak karatan. Chain lube sendiri dibanderol mulai Rp15 ribuan. Bahkan beberapa merek ada yang lebih murah, tapi tergantung juga ukuran dan daerah kamu ya.

4. Menggunakan carburator cleaner

Buat Kamu yang Gak Sempat ke Bengkel, Rawat Motor dengan 5 Cara IniInstagram.com/pertamax7

Karburator cleaner sudah bejibun banyaknya dijual, dari beragam merek ataupun ukuran. Cara pemakaiannya cukup mudah kok, hanya perlu membuka filter udara yang ada di sepeda motor kamu, baik yang sudah injeksi ataupun masih konvensional macam karburator. Dan, pastinya bisa kamu lakukan sendiri di rumah, seperti ini langkahnya;

Hidupkan mesin motor dulu, paling gak satu menit. Eits, kudu di standar tengah dulu ya motornya. Putar grip gas ya, terus semprotkan karburator cleaner deh. Kamu bakal mendapati motor berasa brebet mau mati. Putar grip gas lebih dalam, jaga supaya motor gak mati saat mengalami itu guys

Ulangi langkah ini beberapa kali, hingga motor kamu langsam kembali dan suara mesin kembali halus.

5. Secara berkala membersihkan area kaki-kaki

Buat Kamu yang Gak Sempat ke Bengkel, Rawat Motor dengan 5 Cara IniInstagram.com/thomson.richards

Membersihkan area kaki kudu rutin kamu lakukan agar bearing roda aman dari korosi kotoran yang mana bakal menyusahkan kamu kemudian harinya.

Memang sih harga bearing rodanya sendiri murah, tapi proses penggantiannya yang cukup susah. Kan bisa dibawa langsung ke bengkel, gak pakai ribet?

Yup, memang betul, tapi bukankah mencegah dengan cara yang simpel banget seperti halnya membersihkan secara rutin pas mencuci motor gak ada beratnya, iya gak?

Merawat kendaraan seperti merawat pasangan sendiri. Kudu penuh perhatian dan secara sabar. Dan, hasilnya motor gak ambekan atau mogok pas di jalan, hehehe. Selamat mencoba ya guys, pastikan agar kendaraan kamu dalam kondisi prima setiap harinya.

Baca Juga: 5 Tips Dasar Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet

Inibudi nya Photo Verified Writer Inibudi nya

Penikmat kopi saset an, punya satu IG yang sunyi di @budinyi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya