Comscore Tracker

Bikin Mesin Gak Nyala, Kenali 5 Penyebab Kompresi di Motor Hilang

Kalau sudah begini bakal susah hidup!

Compression loss atau hilangnya kompresi merupakan suatu hal yang mana bocornya tekanan campuran gas antara udara dan bahan bakar itu sendiri di ruang bakar. Jika hal ini terjadi, bisa dipastikan akan susah menghidupkan mesin motor atau malah gak hidup sama sekali. Terus apa, sih penyebab hal yang satu ini?

1. Klep gak menutup rapat

Bikin Mesin Gak Nyala, Kenali 5 Penyebab Kompresi di Motor HilangInstagram.com/ad_d_m_b_s

Klep sendiri tempat di mana bahan bakar atau sisa pembakaran masuk dan keluar. Semacam pintu rumah yang gak bisa tertutup rapat gara-gara ada kerikil tentunya angin dari luar masih bisa masuk, ya walaupun sedikit menerobos masuk sih. Sama dengan klep pun demikian, jika ada kerak sisa pembakaran.

Maka yang terjadi tekanan kompresi akan bocor. Kerak yang berlebihan karena sisa pembakaran yang kurang sempurna. Bisa karena pemilihan bahan bakar yang gak sesuai standar motor atau api pada busi kurang besar.

2. Ring kompresi pada piston sudah jelek

Bikin Mesin Gak Nyala, Kenali 5 Penyebab Kompresi di Motor HilangPixabay/Alexas_Fotos

Ring piston nyatanya mempunyai beberapa lapis kalau diperhatikan. Salah satunya untuk menahan tekanan kompresi yang ada di ruang bakar. Ring seher atau piston bisa saja cepat aus akibat panas mesin yang terlampau tinggi. Terjadi over heat pada mesin ya karena seringkali pengguna sepeda motor telat mengganti oli, sehingga suhu mesin jadi lebih panas.

Baca Juga: 5 Gejala Ini yang akan Kamu Alami Saat Kiprok Motor Rusak, Segera Cek!

3. Paking head rusak

Bikin Mesin Gak Nyala, Kenali 5 Penyebab Kompresi di Motor Hilangtokopedia.com

Penyebab lainnya yakni packing head yang sudah getas dan minta diganti  memang bisa saja terjadi. Banyak faktor yang mempengaruhi salah satunya karena faktor pakai yang sudah terlewat, yang mana akan muncul rembesan oli melalui sela-sela paking ini.

Nah, jika kamu mendapati rembesan oli dari mesin langsung dibawa ke bengkel langganan ya. Biar langsung dicek dan gak menimbulkan masalah yang lebih di kemudian hari.

4. Klep bengkok

Bikin Mesin Gak Nyala, Kenali 5 Penyebab Kompresi di Motor HilangInstagram.com/obsoleteautomotive

Klep bengkok bisa terjadi saat tubrukan antara klep dan seher. Sehingga klep tak bisa kembali menutup karena bentuk batang klep-nya yang tak lagi lurus. Yang mana, tentu saja berakibat kompresi bocor dan motor gak bisa hidup. Hal ini sering disebabkan karena rantai kamprat yang kendor.

5. Drat busi udah jelek dan jadi rembes

Bikin Mesin Gak Nyala, Kenali 5 Penyebab Kompresi di Motor HilangPixabay/cindydangerjones

Kadang hal ini sering terjadi di motor-motor tua. Drat busi sudah agak dol, jadi tekanan kompresi jadi hilang. Tapi tenang, untuk motor baru jarang banget ada kasus yang ini. Nah, kamu bisa mengantisipasinya dengan hati-hati saat membuka busi dan gak usah terlalu sering mencopot busi.

Terus gimana, sih cara mengantisipasinya?

Tentu saja dengan perawatan rutin, paling penting kamu kudu rutin penggantian oli dan misal ada titik rembesan di mesin, mending langsung kamu cek atau bawa ke bengkel langganan. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 4 Kebiasaan Salah saat Memanaskan Sepeda Motor, Mesin Jadi Tak Optimal

Inibudi nya Photo Verified Writer Inibudi nya

Starling Addict, penyuka benda klasik dan kamu. Biasa bicara di IG @budinyi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya