Comscore Tracker

Modifikasi 6 Bagian Motor Biar Aman dan Nyaman, Patut Dicoba!

Modifikasi gak melulu melanggar peraturan dan gak nyaman

Modifikasi motor sendiri menjadi pilihan para bikers untuk tampil beda dan eye catching dengan motor mereka. Tentu saja dengan ekspektasi agar gak ada yang menjadi pembeda dengan pengendara lain di jalan.

Namun modifikasi sering identik dengan melanggar aturan atau bikin motor jadi gak nyaman. Tapi modifikasi tak hanya itu saja, macam mengubah bentuk standar jadi tak nyaman dan bisa kena tilang. Nyatanya bisa juga bikin kamu makin aman dan nyaman di jalan. Seperti saran modifikasi di 5 bagian motor ini, check this out ya!

1. Ganti master rem dan kaliper

Modifikasi 6 Bagian Motor Biar Aman dan Nyaman, Patut Dicoba!Pixabay/olafpictures

Bagi anak motor mengganti master rem seringkali salah satu opsi modifikasi agar terlihat makin kece. Apalagi saat master rem mempunyai harga yamg cukup mahal macam merek brembo, atau yang lainnya. Pasti makin pede banget tuh, hayo yang anak motor mengaku?

Selain dari estetik, mengganti master rem nyatanya juga menambah kenyamanan saat berkendara. Kamu bakal mendapati tarikan tuas rem lebih mantap dan pakem. Tapi harus juga diingat mengganti tuas rem jangan yang abal-abal. Bukannya bikin nyaman, malah bisa membahayakan.

Dan kamu juga bisa mengganti kaliper yang asalnya dua piston jadi empat piston misalnya. Dijamin, rem di motor kamu bakal tambah pakem.

2. Mengganti disk standar dengan model floating

Modifikasi 6 Bagian Motor Biar Aman dan Nyaman, Patut Dicoba!Instagram.com/andywu0219

Masih satu tema dengan poin pertama yakni soal pengereman. Di poin kedua kamu bisa memodifikasi bagian disk brake dengan yang floating disk. Di mana bawaan standar motor hanya menggunakan disk biasa yang cenderung kaku dan gak fleksibel.

Sedangkan floating disk akan lebih bisa menyesuaikan dengan kaliper saat melakukan pengereman. Alhasil hasil rem-nya pun bakal lebih pakem dan menggigit dibanding yang biasa.

3. Pasang hand guard

Modifikasi 6 Bagian Motor Biar Aman dan Nyaman, Patut Dicoba!Instagram.com/b_l_club

Pasang hand guard juga bisa kamu pasang biar tampilan motor kamu makin keren. Bikin makin semangat gebetan dong pas diajak jalan, karena motor kamu keren.

Eits, memasang hand guard nyatanya memang buat melindungi pergelangan tangan adalah dari semacam senggolan pas di jalan. Ya iya dong, nama saja hand guard, kalau di kaki jadi kick guard, iya gak?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Modifikasi Motor Secara Berlebihan

4. Modifikasi penerangan motor

Modifikasi 6 Bagian Motor Biar Aman dan Nyaman, Patut Dicoba!Pixabay/kustiolavi

Modifikasi bagian penerangan di sepeda motor kamu juga gak kalah bikin kece. Salah satunya dengan mengganti lampu motor masih masih belum menggunakan Lampu LED, dengan yang sudah LED.

Mengganti lampu LED secara gak langsung meringankan beban kerja dari spull motor, lho. Karena daya dari lampu LED yang kecil namun tetap terang. Eh iya, memasang lampu tambahan juga sah-sah saja kok, biar makin terang dan jelas melihat lubang-lubang yang ada di jalan, tapi gak boleh pasang lampu strobo di motor atau kendaraan pribadi kamu ya, itu melanggar peraturan.

5. Modifikasi area kaki dan ganti ban

Modifikasi 6 Bagian Motor Biar Aman dan Nyaman, Patut Dicoba!Instagram.com/x.infinity.2018

Modifikasi area kaki-kaki sepertinya patut kamu coba nih. Apalagi jika menggunakan part kenamaan yang mahal itu. Wah, bisa jadi magnet di jalan tuh.

Mengganti bagian kaki-kaki macam shock juga ban dengan yang lebih bagus serta dengan tipe ataupun pattern dengan desain makin menggigit di aspal jalan akan lebih membuat kamu nyaman banget pas riding di jalan, memang sih harga gak selalu bohong soal kualitas.

6. Pasang alarm di motor

Modifikasi 6 Bagian Motor Biar Aman dan Nyaman, Patut Dicoba!Instagram.com/zein.venomodified

Nah, biar motor kamu makin aman. Modifikasi terakhir bisa kamu lakukan ialah memasang alarm motor. Cara pasang yang cukup mudah serta harganya yang agak mahal sepertinya sebanding dengan keamanan untuk motor kamu. Apalagi di zaman sekarang yang tampaknya pencurian sepeda motor makin marak.

Alarm motor universal harganya mulai Rp300 ribuan. Bisa dipasang sendiri karena ada manual book-nya atau kalau kamu ragu bisa dibawa ke bengkel langganan.

Itu dia beberapa opsi modifikasi yang bisa kamu lakukan untuk menambah kenyamanan dan keamanan pas riding di jalan. Keep riding safe!

Inibudi nya Photo Verified Writer Inibudi nya

Penikmat kopi saset an, punya satu IG yang sunyi di @budinyi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya