Comscore Tracker

Musim Hujan, 5 Parts di Motor Ini Wajib Diperiksa, Bila Perlu Diganti!

Biar motor gak tiba-tiba mogok

Ada beberapa bagian sepeda motor yang sebaiknya diperhatikan lebih apalagi mau musim hujan seperti ini. Meski terkesan hal minor, gak begitu penting namun dampaknya bisa berakibat fatal saat membiarkannya. Untuk itu, coba deh cek beberapa part ini biar riding pas di kala musim hujan begini tetap aman dan gak mogok tiba-tiba.

Berikut ini beberapa parts yang kudu diperiksa, pun diganti jika perlu, check this!

1. Ganti karet tutup tangki 

Musim Hujan, 5 Parts di Motor Ini Wajib Diperiksa, Bila Perlu Diganti!Dok.Pribadi/Inibudinya

Jarang yang menyadari betapa pentingnya karet tutup tangki di motor. Padahal jika mau memahami, karet ini mempunyai peran yang cukup vital. Selain memang menghalagi bahan bakar merembes lewat tutup tangki, karet yang kondisinya masih bagus juga berperan menghalangi masuknya air, entah air hujan atau air pas mencuci motor.

Khususnya untuk motor batangan (dibaca motor laki), yang memang posisi tangki diluar. Untuk motor bebek dan matic sih bisa agak tenang karena air gak gampang masuk ke tangki karena letaknya yang di bawah jok.

Karet yang sudah getas sebaiknya segera diganti. Jika dibiarkan dipakai bisa berimbas pada masuknya air ke dalam tangki bahan bakar. Kemudian, bahan bakar yang bercampur air bisa mengganggu hidupnya motor.

Motor bisa saja jadi brebet bahkan sampai mogok di jalan. Terus air yang ada di tangki bahan bakar pun bakal membuat tangki mudah keropos. Pasti sudah sering tahu soal tangki motor batangan yang bocor dong? Misalnya saja Honda Tiger atau Megapro.

2. Filter udara pun kudu diganti

Musim Hujan, 5 Parts di Motor Ini Wajib Diperiksa, Bila Perlu Diganti!Instagram.com/sitepat_godean

Musim hujan tiba, jangan lupakan untuk mengganti bagian ini juga. Yups, filter udara. Sebaiknya filter udara di motor juga sekalian diganti. Filter yang kotor dan usdah lama gak mengalami penggantian malah menghambat udara yang masuk ynag diperlukan selama proses pembakaran ketika motor sedang hidup.

Udara akan bercampur embun air pas hujan begini, hal itu bakal memperburuk filter yang sudah kotor akan semakin mampet. Kalau sudah begini, siap-siap motor bakal mati tiba-tiba.

3. Busi

Musim Hujan, 5 Parts di Motor Ini Wajib Diperiksa, Bila Perlu Diganti!Instagram.com/d_addis

Busi perlu mengalami penggantian lho Sob. Busi sendiri memiliki masa pakai, biasanya kalau sudah menempuh jarak yang sudah melewati batas, harus segera diganti meski masih terlihat bagus.

Apalagi jika musim hujan begini, busi yang sudah kelewat masa pakainya bisa jadi menyebabkan motor tiba-tiba mogok pas kehujanan, malah bikin repot Sob.

Baca Juga: Dear Pencinta Motor, Ini 5 Tips Modifikasi Motor Anti Tilang

4. Kop busi

Musim Hujan, 5 Parts di Motor Ini Wajib Diperiksa, Bila Perlu Diganti!Pixabay/2427999

Selain busi, kop busi yang sudah gak bagus rawan untuk terkena cipratan air. Lantas,  hal itu bisa saja menjadi biang keladi motor mogok pas melewari genangan air. Jadi saat kop busi sudah mulai gak rapat dan mudah sekali cabut maka ada baiknya untuk dilakukan penggantian.

5. Ban depan maupun belakang 

Musim Hujan, 5 Parts di Motor Ini Wajib Diperiksa, Bila Perlu Diganti!Pixabay/MathieuGallion

Perhatikan juga ban di motor pattern-nya masih ya. Kalau memang pattern ban baik depan maupun belakang sudah gak keliatan alias sudah gundul sebaiknya segera diganti. Karena ban bundul akan lebih licin bila hujan atau melewati genangan air. Malah bisa bahaya jika terus menunda pengggantiannya, bisa bikin jatuh ‘bego’, hati-hati!

6. Pengereman 

Musim Hujan, 5 Parts di Motor Ini Wajib Diperiksa, Bila Perlu Diganti!Instagram.com/ijm.idn

Selanjutnya yang kudu diganti ya tentu saja bagian pengereman di motor. Sangat berbahaya bila menggunakan motor dengan kampas rem habis karena yang pasti bikin rem jadi gak pakem. Terus cek juga kesedian minyak remnya. Pastikan selalu tetap terisi jangan sampai kehabisan karena bikin rem blong juga.

Dan rantai jangan lupa untuk dilumasi dengan chain lube ya, di musim hujan rantai lebih cepat kering dan mudah berkarat. Jangan sampai dibiarkan tanpa pelumasan karena membuat rantai cepat minta ganti.

Pastikan motor yang dipakai selalu dalam keadaan prima, apalagi musim hujan begini. Keep riding safe!

Baca Juga: Mengidamkan Motor 4 Silinder? Perhatikan Dulu 5 Poin Minusnya Ini! 

Inibudi nya Photo Verified Writer Inibudi nya

Starling Addict, penyuka benda klasik dan kamu. Biasa bicara di IG @budinyi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya