Comscore Tracker

Rem Sepeda Motor Kamu Jadi Tidak Pakem? Coba Cek 5 Bagian Ini

Mungkin ada beberapa bagian yang perlu diganti

Ada dua macam tipe rem pada sepeda motor yaitu rem yang menggunakan cakram dan juga rem yang masih tromol. Semua berperan sangat penting di sepeda motor dan menjadi salah bagian yang wajib berfungsi dengan normal pada setiap kendaraan.

Termasuk motor yang kamu pakai sekarang. Bila rem-nya tak bekerja secara maksimal alias tak bisa pakem saat melakukan rem mendadak, gara-gara ada orang menyalakan lampu sein ke kiri beloknya malah ke kanan. Duh, bikin sebel tuh pasti.

Nah, biar kamu tak mengalami bad mood gara-gara rem sepeda motor gak pakem-pakem banget yang bisa membahayakan diri. Apalagi dibarengi pas putus cinta, pas uang bulanan abis. Kamu bisa mengecek 5 bagian yang ada di sepeda motor kamu ini, biar sistem pengeraman kembali pakem lagi. Apa saja sih? Berikut ulasannya.

1. Kampas rem

Rem Sepeda Motor Kamu Jadi Tidak Pakem? Coba Cek 5 Bagian IniIlustrasi kampas rem sepeda motor. yamaha-motor.co.id

Jika kamu sedang mengalami rem sepeda motor sudah tak pakem lagi mungkin cara pertama ini bisa kamu lakukan. Periksa dulu bagian kampas rem, bagian ini ada di kaliper yang menempel pada piringan cakram yang menempel ke roda. Coba lihat apakah masih cukup tebal atau malah sudah sangat tipis dan  harus diganti. 

Jika dibiarkan tanpa ada penggantian kampas, malah bisa merusak piringan cakram sepeda motor kamu. Biaya servisnya jadi makin mahal, deh.

2. Minyak rem

Rem Sepeda Motor Kamu Jadi Tidak Pakem? Coba Cek 5 Bagian IniInstagram.com/garage_keiro

Nah, bagian yang satu ini gampang banget buat kamu periksa. Posisinya menempel pada atang sebelah kanan. Ya, betul ialah master rem, kamu bisa memeriksa minyaknya pada tempat kaca yang sudah disediakan. Ada juga kok, indikator garis di master rem, yaitu low dan full. Tepat di sebelah spion kanan kamu ya.

Jika minyak rem sudah habis, segera isi lagi ya. Biasanya untuk minyak rem sepeda motor menggunakan yang DOT-3. Cara menambahnya gampang kok, tinggal buka tutup master rem dengan membuka dua bautnya. Nah, untuk menghindari masuk angin, kamu bisa menekan tuas rem alias memompa dua sampai tiga kali kemudian tuas rem ditahan. Setelah itu tinggal ditutup, deh. 

3. Masuk angin

Rem Sepeda Motor Kamu Jadi Tidak Pakem? Coba Cek 5 Bagian IniPixabay.com/WikimediaImages

Bukan cuman kamu saja yang bisa masuk angin. Ternyata pengereman yang ada di sepeda motor kamu juga bisa, lho. Hal itu terjadi karena saat pengisian minyak rem tidak dipompa terlebih dahulu.

Sehingga udara ikut masuk ke dalam selang rem kamu dan mengganggu prinsip hidroliknya. Bisa hal ini terjadi sepeda motor kamu tak akan pakem saat melakukan pengereman. Di rem hari Senin berhenti di hari Kamis. Wah, bisa bahaya tuh.

Baca Juga: Motor-Motor Bekas dengan Harga di Bawah Rp5 Juta, Masih Keren Kok!

4. Seal master rem sudah mengeras

Rem Sepeda Motor Kamu Jadi Tidak Pakem? Coba Cek 5 Bagian IniPixabay/Photographer2575

Terus bagian ke-4 yang perlu kamu periksa yaitu Seal master rem yang sudah mengeras karena faktor pemakaian. Sehingga menyebabkan menyebabkan minyak rem jadi rembes lewat seal tadi. Jadinya 'fluida' tidak akan mendorong kampas rem secara maksimal karena rembes tadi.

Nah, kamu bisa memeriksanya dengan mudah, coba lihat bagian master rem yang di stang motor kamu. Jika ada bekas minyak rem, bisa dipastikan seal master sudah keras dan harus diganti.

5. Selang rem bocor

Rem Sepeda Motor Kamu Jadi Tidak Pakem? Coba Cek 5 Bagian IniInstagram.com/speedingnu

Seperti seal master rem yang punya masa pakai, begitu pun selang rem. Part yang satu ini akan rusak dan perlu diganti saat sudah lama dipakai. Selang ini sendiri berfungsi sebagai penghantar 'fluida' yang dipompa dari master rem ke kaliper yang menempel di piringan cakram.

Untuk memeriksa apakah sudah bocor apa belum sangat mudah, kamu bisa lihat bagian selang rem saat kamu menarik tuas rem depan, apabila muncul minyak yang keluar dari selang, mending langsung ganti saja.

6. Piston kaliper macet

Rem Sepeda Motor Kamu Jadi Tidak Pakem? Coba Cek 5 Bagian IniPixabay/Photographer2575

Bagian terakhir ini jarang sekali terjadi di sepeda motor. Yup, piston di kaliper macet tapi tak mungkin tidak terjadi, lho. Piston kaliper macet karena permukaan dari piston tersebut kotor akibat kotoran yang tertinggal dan luput dari penyemprotan air saat mencuci motor.

Kamu bisa memeriksa dengan menekan tuas rem, perhatikan apakah kampas rem bergerak atau tidak. Jika kampas rem masih bergerak, berarti piston tak macet begitupun sebaliknya.

Nah itu dia beberapa bagian yang bisa kamu periksa saat rem sepeda motor kamu sudah tak pakem. Segera periksa ya atau langsung serahkan ke bengkel terdekat, ditunggu sambil mengopi. Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

Baca Juga: Benelli Luncurkan Tiga Motor Sekaligus, Salah Satunya Imperiale 400!

Inibudi nya Photo Verified Writer Inibudi nya

Penikmat kopi saset an, punya satu IG yang sunyi di @budinyi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You