Comscore Tracker

5 Sensasi Kendarai Motor 2 Tak yang Gak Ada di Motor Sekarang

Bikin ketagihan pas dicoba!

Motor 2-tak alias dua langkah memang sudah tak lagi diproduksi alias diskontinu produksi masalnya. Yup. Karena bermasalah soal emisi gas buang yang gak bisa di bilang ramah. Namun terlepas dari itu semua, naik motor dengan mesin 2-tak punya sensasi yang bikin pencintanya bisa dibilang susah move on.

Dan, tentu saja masih banyak yang suka bahkan memburu motor 2-tak untuk dikoleksi ataupun mobilitas sehari-hari. Seperti Yamaha RX-King, Kawasaki Ninja, Suzuki RGR juga Suzuki Satria R yang masih dicari. Mungkin karena sensasi tipe mesin 2-tak yang membuat para pecintanya. Seperti ini nih, sensasi menggunakannya yang mana gak bakal kamu temui di motor sekarang.

1. Suara knalpotnya yang khas

5 Sensasi Kendarai Motor 2 Tak yang Gak Ada di Motor SekarangInstagram.com/kampignon

Semua pasti mengamini kalau merdunya motor 2-tak gak bisa tergantikan. Suara cempreng khasnya yang bagi sebagian orang bikin telinga gak nyaman bagi pencintanya bagai suara simponi yang gak kalah merdu. Apalagi jika sudah digantikan dengan knalpot kolong atau racing. Motor 2-tak auto ganteng deh.

2. Bukan saja oli mesin tapi kudu siap oli samping

5 Sensasi Kendarai Motor 2 Tak yang Gak Ada di Motor SekarangInstagram.com/ravenol_racing_indonesia

Sedikit berbeda dengan motor sekarang yang hanya memerlukan oli mesin. Di motor dengan mesin 2-tak, ada juga yang namanya oli samping. Dimana oli samping ini akan bercampur dengan bahan bakar dalam proses pembakaran. Hal ini juga yang jadi sebab motor ini mengeluarkan asap tebal karena oli samping yang terbakar.

Terus, kenapa kudu ada oli samping? Hmm, oli samping secara gak langsung bikin port hisap menuju ruang bakar lancar ataupun licin.

Semisal gak pakai oli samping motornya masih bisa menyala gak?

Bisa kok, tapi mesinnya bakal panas, over heat dan bisa bikin mesin jebol alias rusak. Dengan kata lain, fungsi oli samping di motor 2-tak sangat penting adanya.

3. Akselarasinya yang 'jambak' banget

5 Sensasi Kendarai Motor 2 Tak yang Gak Ada di Motor SekarangInstagram.com/endurodelrancho

Akselarasi motor 2-tak bisa dibilang 'liar' lebih lagi kalau sudah dioprek mesinnya. Akselarasinya bakal jambak banget. Karena proses kerja mesin dua langkah yang cenderung lebih cepat atau gak banyak memutar part dalam mesin untuk menyalurkan tenaganya berbeda dengan mesin 4-tak yang kudu memutar noken as.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Motor Matic Lebih Laris daripada Motor Sport dan Bebek

4. Kencang banget

5 Sensasi Kendarai Motor 2 Tak yang Gak Ada di Motor SekarangInstagram.com/musafirdiary

Konon, cukup dengan mesin berkapasitas 150cc saja untuk mengimbangi motor 4-tak yang mempunyai kapasitas mesin 250 cc. Jika mempunyai kapasitas mesin yang sama, tentunya motor mesin 2-tak lebih unggul.

Gimana, kencang banget, kan? Tentu saja hal ini bisa terjadi. Jika menelisik dari proses pembakaran mesin yang cukup dua langkah saja. Lebih cepat dari motor sekarang yang kudu empat langkah untuk satu proses pembakaran bahan bakar.

5. Perawatannya mudah

5 Sensasi Kendarai Motor 2 Tak yang Gak Ada di Motor SekarangInstagram.com/x.infinity.2018

Satu hal yang sebenarnya orang awam sering salah persepsi. Bahwa motor 2-tak tuh bikin ribet dan suka mogok. Padahal, jika ditelisik lebih jauh. Merawat motor 2-tak jauh lebih mudah dibandingkan motor 4-tak. Karena desain mesin yang simpel juga gak begitu banyak part mesin.

Lantas, biaya perawatan mesinnya pun mudah dan gak susah amat. Harga part yang ada di motor 2-tak pun gak begitu mahal dan lebih sedikit jika dibanding motor 4-tak.

Terus untuk hal mogok, tentu saja jika perawatan benar-benar proper dan secara rutin bakal lancar jaya dibawa jalan. Mogok atau gaknya kembali lagi ke faktor merawatnya sih. Motor 4-tak pun, jika gak diservis secara berkala juga bakal sering mogok kok, iya gak?

 

Suaranya yang khas dan mudah perawatannya menjadi salah satu nilai plus sebagai pertimbangan saat kamu pengin meminang motor dengan mesin 2-tak. Dan satu lagi guys, motor 2-tak juga punya nilai investasi lho.

Baca Juga: Pengin Beli Motor Matic Budget Rp4 Juta? 5 Motor Ini Pilihannya!

Inibudi nya Photo Verified Writer Inibudi nya

Starling Addict, penyuka benda klasik dan kamu. Biasa bicara di IG @budinyi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya