Comscore Tracker

5 Alasan Sepeda Motor yang Selalu Rusak Harus Segera Dijual

Pikir-pikir lagi deh untuk mempertahankannya!

Bagi sebagian orang yang memiliki sepeda motor telah berumur pasti menyimpan kisah tersendiri. Hal itu yang terkadang menjadi alasan kuat bagi mereka untuk tidak menjual sepeda motor meskipun telah sering rusak.

Usia pakai sepeda motor sejatinya memang ditentukan oleh perawatannya. Namun, jika terlalu sering rusak sebaiknya kalian harus berpikir dua kali lagi untuk mempertahankannya. Mengapa demikian? Silakan lihat alasannya dibawah ini.

1. Mengganggu kenyamanan saat berkendara

5 Alasan Sepeda Motor yang Selalu Rusak Harus Segera Dijualmotorbutut.com

Dalam hal ini kita tentu menyadari betul bahwa sepeda motor yang rusak akan mengurangi kenyamanan saat berkendara. Sebab, selain bunyi yang ditimbulkan sangat kasar hal terburuknya motor bisa saja mengeluarkan asap.

Alhasil, selain diri sendiri yang menjadi kurang pede orang lain pun juga bakal terganggu saat posisinya berada di belakang kita.

2. Dapat menghambat aktifitas

5 Alasan Sepeda Motor yang Selalu Rusak Harus Segera Dijualunsplash.com/Amber Lin

Permasalahan Ini faktanya benar-benar menjadi sesuatu yang sangat mengesalkan bukan. Terlebih lagi, pada hari sebelumnya kondisi sepeda motor dirasa baik-baik saja tak ada masalah sedikit pun.

Namun, pada pagi hari keesokannya saat kita ingin pergi kuliah, kerja dan aktivitas lainnya. Tiba-tiba motor tidak mau hidup. Tentunya akan sangat menghambat aktifitas.

3. Dapat berakibat fatal

5 Alasan Sepeda Motor yang Selalu Rusak Harus Segera Dijualunsplash.com/Mikael Frivold

Akibat sepeda motor sering keluar masuk bengkel. Biasanya beberapa komponen sudah tidak menjamin lagi berfungsi secara normal. Hal terburuk yang ditakutkan adalah sewaktu-waktu motor ngejim alias macet di tengah jalan.

Menyebabkan pengendara lain kaget, menimbulkan kecelakaan yang berujung bisa-bisa nyawa yang menjadi taruhannya. So, penting sekali utamakan keselamatan dalam berkendara.

Baca Juga: Motor-motor Baru Beraroma Retro, Cocok Buat yang Gak Mau Ribet

4. Laju kendaraan sudah tak seperti normal lagi

5 Alasan Sepeda Motor yang Selalu Rusak Harus Segera Dijualunsplash.com/Yunming Wang

Seiring berjalannya waktu sama-sama kita ketahui bahwa kecepatan sepeda motor tentu tidak sama seperti baru. Hal itu normal, namun jika komponen dalam mesin seperti piston, klep bocor dan lainnya mengalami gangguan. Hal itu dapat menyebabkan kinerja motor tidak maksimal lagi.

5. Membuat dompet semakin tipis

5 Alasan Sepeda Motor yang Selalu Rusak Harus Segera Dijualunsplash.com/Artem Beliaikin

Kasus ini sangat jelas dirasakan sekali terutama bagi mereka yang telah pernah turun mesin. Masalah yang biasanya ditimbulkan oleh telat ganti oli ini pun diketahui memang menjadi alasan yang kuat bagi sebagian orang untuk menjual motornya.

Pasalnya, motor yang pernah turun mesin harus mendapatkan perhatian ekstra dalam hal perawatannya. Dampaknya tentu pada budget yang harus selalu dikeluarkan.

Itu dia alasan mengapa sepeda motor yang sering rusak sebaiknya harus segera dijual. Namun itu dikembalikan ke kalian lagi. Ingin mempertahankan atau menjual?

Baca Juga: Motor-Motor Bekas dengan Harga di Bawah Rp5 Juta, Masih Keren Kok!

Deka Apriansyah Photo Verified Writer Deka Apriansyah

TEP, Universitas Andalas

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya