Comscore Tracker

Banjir Surut, Ini 4 Tip Aman Melintasi Jalan Berlubang

Banjir sebabkan jalan rusak dan berlubang

Jakarta, IDN Times – Banjir yang sempat melanda beberapa wilayah di Indonesia memang mulai surut. Tapi bukan berarti masalah selesai. Sebab banjir ternyata menyisakan beberapa masalah, seperti rusaknya permukaan jalan.

Padahal jalan dengan permukaan yang rusak atau berlubang berpotensi menyebabkan kecelakaan bagi pengendara sepeda motor. Karena itu perlu ekstra hati-hati saat melintas di jalan berlubang.

Nah, berikut beberapa tip melewati jalan yang rusak atau berlubang.

1. Segera kurangi kecepatan

Banjir Surut, Ini 4 Tip Aman Melintasi Jalan Berlubangconfused.com

Kurangi kecepatan saat melintasi jalan yang rusak atau berlubang. Sebab jalan yang tidak rata akan membuat laju sepeda motor menjadi tidak stabil. So, mengurangi kecepatan bisa mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Aturan ini juga berlaku meski kamu menggunakan sepeda motor jenis trail. Sebab, meski didesain untuk melahap semua medan jalan, namun gak berarti bisa ngebut di jalan berlubang.

2. Jaga jarak dengan kendaraan lain

Banjir Surut, Ini 4 Tip Aman Melintasi Jalan BerlubangTwitter/tmcpoldametro

Selain menurunkan kecepatan, tip lain melibas jalan berlubang adalah dengan menjarak dengan kendaraan di depan. Sebab, dengan jarak yang cukup, maka kamu akan bisa mengantisipasi jika kendaraan di depan tiba-tiba berbelok atau mengerem untuk menghindari lubang.

Selain itu menjaga jarak yang cukup juga akan membuatmu bisa melihat kondisi jalan dengan lebih leluasa. 

3. Jangan mengerem secara mendadak

Banjir Surut, Ini 4 Tip Aman Melintasi Jalan Berlubangsuzuki.co.id

Jika kalian melaju dalam kecepatan tinggi lalu melihat lubang, jangan langsung mengerem secara mendadak. Sebaliknya, lepaskan handle gas lebih dulu kemudian tarik tuas rem secara perlahan.

Tujuannya agar motor kamu tidak tergelincir dan agar tidak terjadi tabrakan beruntun. 

Selain itu, jangan juga menghindari lubang dengan berbelok secara mendadak. Karena itu bisa membuat motormu menyenggol kendaraan lain yang dapat berakibat fatal. 

4. Angkat badan agar tidak terlempar

Banjir Surut, Ini 4 Tip Aman Melintasi Jalan BerlubangTwitter/tmcpoldametro

Lalu bagaimana jika tak memungkinkan mengerem atau menghindari lubang? Tarik tuas rem secara perlahan lalu lewati lubang tersebut sambil mengangkat badan dari jok. Trik ini bisa mencegah tubuhmu terlempar dari sepeda motor.

Selain itu mengangkat badan juga akan mengurangi beban motor ketika menghantam lubang. Tapi ingat, jangan menarik tuas rem terlalu keras.

Yang terpenting, kalian harus tetap berhati-hati selama berkendara, baik itu jalan berlubang atau tidak. Jangan memacu kendaraan melebihi kecepatan yang dianjurkan. Karena di negeri ini, lubang jalan bisa berpindah-pindah!

Baca Juga: Penjualan Seret, 7 Mobil Ini Tak Lagi Diproduksi Mulai 2020

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya