Comscore Tracker

4 Tips Motoran di Musim Hujan

Jangan gunakan jas hujan model ponco

Jakarta, IDN Times - Musim hujan biasanya akan tiba menjelang akhir tahun. Karena itu buat kamu yang setiap hari wara-wiri naik motor, bersiaplah menyambutnya. Sebab ada banyak yang harus diperhatikan saat naik motor di musim hujan.

”Pengguna motor perlu memperhatikan beberapa hal yang mendukung keselamatan berkendara bersama. Karena hujan memberikan tantangan berbeda,” kata Manager Promosi Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers, Wiranata P.Ilahi, dalam keterangan tertulis.

Nah, berikut beberapa tips naik motor di musim hujan yang perlu kamu perhatikan.  

1. Pastikan tubuh dalam kondisi fit

4 Tips Motoran di Musim HujanYamaha Indonesia

Sebelum berkendara saat hujan, pastikan tubuhmu dalam kondisi fit. Kalau perlu cek suhu tubuh, pastikan kamu sedang tidak demam. Sebab kondisi tubuh yang tidak fit akan mempengaruhi fokus saat berkendara dan lebih mudah sakit akibat saat terpapar hujan dan angin basah. Jangan memaksakan diri berkendara jika tubuh tidak mendukung, ya.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Memilih Jas Hujan, Jangan Asal Beli!

2. Lampu sepeda motor

4 Tips Motoran di Musim HujanIDN Times/Dwi Agustiar

Selain itu pastikan semua sistem pencahayaan motormu berfungsi dengan baik. Sebab lampu sepeda motor, baik lampu depan, belakang, sein hingga lampu rem, akan membuatmu terlihat oleh pengendara lain saat hujan deras turun. 

3. Jangan berkendara secara agresif

4 Tips Motoran di Musim HujanYamaha Indonesia

Hindari gaya berkendara secara agresif di musim hujan. Caranya jangan menarik gas dan rem secara mendadak. Sebaliknya puntirlah tuas gas secara perlahan agar ban tidak selip. Lakukan akselerasi dengan smooth selama musim hujan ya. Sebab jalanan cenderung lebih licin saat basah. 

4. Selalu bawa jas hujan

4 Tips Motoran di Musim HujanIlustrasi hujan (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Kadang hujan bisa tiba-tiba turun begitu saja. Karena itu selalu bawa jas hujan. Kamu bisa menyimpannya di bagasi atau di box motor. Oya, jangan memakai jas hujan model ponco ya, sebab jas hujan jenis ini berisiko tersangkut di roda. Gunakan jas hujan model setelan karena lebih aman. 

Selain itu jika visor helm milikmu berwarna gelap, segera ganti dengan yang bening. Sebab hujan akan membuat visibilitas menjadi terbatas. Visor berwarna gelap akan memperburuk visibilitasmu.

Baca Juga: Waspada! Jas Hujan Model Ponco Bisa Bikin Celaka

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya