Comscore Tracker

Libur Panjang Menjelang, Ini 3 Motor Adventure Buat Ngebolang! 

Sama-sama tangguh, tapi masing-masing ada kekurangannya

Jakarta, IDN Times - Motor-motor bergenre adventure terus bermunculan. Pada November tahun lalu, pabrikan KTM merilis 390 Adventure di ajang EICMA 2019.

Motor yang desainnya mirip banget dengan KTM 790 Adventure ini cukup menyedot perhatian. Kabar baiknya, motor ini sudah masuk Indonesia pada April 2020.

KTM 390 memiliki beberapa lawan sepadan, seperti Royal Enfield Himalayan dan BMW G310GS. Ketiganya sama-sama menggendong mesin di bawah 500cc.

Nah, berikut profil ketiga motor yang cocok banget buat diajak ngebolang di liburan panjang akhir Oktober nanti.

1. KTM 390 Adventure

Libur Panjang Menjelang, Ini 3 Motor Adventure Buat Ngebolang! Dok. IDN Times/KTM

KTM 390 Adventure menggendong mesin 4-tak satu silinder dengan kapasitas 373,2 cc. Motor ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 44 HP pada 9.000 rpm dan torsi 37 Nm pada 7.000 rpm.

Dengan spesifikasi tersebut, bisa dipastikan KTM 390 akan jadi teman perjalanan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika melihat suspensinya.

Pada bagian belakang, KTM menyematkan suspensi WP APEX yang bisa disetel tingkat kelembutannya. Kenyamanan motor ini juga bisa diraba melalui penggunaan pelek berukuran 19 inci di depan dan 17 inci di belakang.

Profil ban juga sudah mendukung untuk diajak bermain offroad ringan. So, motor ini cocok banget buat kamu yang suka menjelajahi jalan-jalan tak bertuan!

Baca Juga: KTM 790 Duke dan KTM 790 Adventure Resmi Dirilis, Ini 5 Keunggulannya

2. Royal Enfield Himalayan

Libur Panjang Menjelang, Ini 3 Motor Adventure Buat Ngebolang! IDN Times/Dwi Agustiar

Motor satu ini sudah dirilis di Indonesia International Motor Show 2018 lalu. IDN Times sendiri sudah pernah menjajal motor ini menelusuri jalur Bogor-Sukabumi-Banten.

Dibekali mesin 411 cc, Himalayan mampu menyemburkan tenaga hingga 24,3HP dan torsi hingga 32,NM. Menariknya, untuk meraih power maksimal tersebut, kamu hanya perlu memutar sedikit saja throttle gas.

Suspensi motor ini juga asyik banget. IDN Times sempat menjajal Himalayan melewati melibas jalan rusak di sepanjang jalur Citorek Kidul, Lebak. Hasilnya, sangat nyaman.

Selain itu ini juga tangguh banget, loh!

Baca Juga: [FOTO] Touring Bareng Royal Enfield Himalayan, Tegang Tapi Seru!

3. BMW G310GS

Libur Panjang Menjelang, Ini 3 Motor Adventure Buat Ngebolang! bmwmotorcycles.com

Motor Adventure lain di bawah 500 cc adalah BMW G310GS. Motor satu ini sering disebut sebagai titisan BMW Motorrad R1200GS.

G310GS sendiri sejatinya menggunakan sasis dan mesin yang sama dengan BMW G310R yang dirilis sebelumnya. Mesin tersebut berkubikasi 313cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 34PS dengan torsi 28 Nm.

Sehingga bisa dibilang tenaga BMW 310GS tidak sebesar KTM390 tapi lebih besar dari Royal Enfield Himalayan. Namun soal torsi, Himalayan lebih powerful dibandingkan BMW G310GS.

Oya, BMW G310GS memiliki fitur yang lebih canggih dibandingkan dua rivalnya di atas. Salah satu fitur unggulan motor ini adalah sistem pengereman ABS yang bisa dinonaktifkan.

Baca Juga: Dua Hari Bersama Royal Enfield Himalayan, Apa Saja Kelebihannya?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya