Comscore Tracker

Ternyata Ini Beda Ban Motor Harian dan Balap, Sudah Tahu? 

Ban untuk harian terdiri dari dua compound

Jakarta, IDN Times - Motor harian dan motor balap memang berbeda spesies. Kamu gak bisa menggunakan motor harian untuk balapan dan gak mungkin menggunakan motor balap buat harian.

Sebab banyak banget perbedaan di antara keduanya, salah satunya adalah ban. Yup, ban untuk motor balap berbeda jauh dengan motor harian. Apa aja perbedaan di antara keduanya, ya? 

1. Perbedaan ban motor harian dan balap

Ternyata Ini Beda Ban Motor Harian dan Balap, Sudah Tahu? Ilustrasi Ban (IDN Times/Dwi Agustiar)

Customer Engineering Support Michelin Indonesia, Mochammad Fachrul Rozi, mengatakan perbedaan ban untuk balap dan harian itu ada pada compound (CT)-nya. Pada motor harian biasanya ada dua compound, yakni hard compound dan soft compound.

"Kalau untuk balap itu biasanya menggunakan tiga compound di dalamnya, yakni hard compound, medium compounddan soft compound yang tentunya akan dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan balap dan akan disesuaikan dengan kondisi sirkuit itu sendiri," kata Mochammad Fachrul Rozi seperti dikutip dari ANTARA, Jumat (30/7/2021).

Baca Juga: 4 Pilihan Motor Sport Fairing di Bawah Rp40 Jutaan

2. Peletakan compound pada ban

Ternyata Ini Beda Ban Motor Harian dan Balap, Sudah Tahu? merkbagus.com/kharis TK

Fachrul Rozi mengatakan ban untuk harian biasanya menggunakan dua compound, yakni hard dan soft. Compound soft dibenamkan di sisi samping ban sementara compound hard di tengah ban.

"Nah untuk ban sport ini, soft componnya kita taruh di bagian samping ban, sedangkan untuk hard componnya kita taruh di tengah," kata dia.

Peletakan compound tersebut bukan tanpa alasan. Compund soft diletakkan di samping antara lain agar biker lebih nyaman saat menikung karena ban akan lebih nge-grip.

3. Kombinasi compund untuk motor balap

Ternyata Ini Beda Ban Motor Harian dan Balap, Sudah Tahu? motogp.com

Sementara ban untuk motor balap terdiri dari tiga compon. Ban ini biasanya hanya digunakan dalam sekali balapan. 

"Biasanya kalau pembalap yang ingin ngejar lap awal itu mereka pilih konstruksi yang soft compon dan belakang mereka kombinasikan dengan yang hard compon," katanya.

Baca Juga: 5 Tanda Ban Motormu Sudah Waktunya Dipensiunkan 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya