Comscore Tracker

Tips Mudah dan Murah Membersihkan Rantai Sepeda, Sudah Tahu?

Murah dan mudah banget

Jakarta, IDN Times - Keluyuran naik sepeda gunung atau MTB memang mengasyikkan. Sebab rute-rute sepeda gunung biasanya memicu adrenalin, seperti jalur-jalur di daerah Rumpin dan Parung, Jawa Barat, yang naik-turun seperti roller coaster.

Banyak daerah yang bisa dieksplore di sana, mulai dari curug, situ, kebun-kebun bambu, hingga areal persawahan. Kamu juga bisa menyusuri tepian Sungai Cisadane lalu menyeberanginya dengan getek!

Tapi blusukan dengan MTB akan memakan energi yang cukup banyak. Selain itu sepeda dijamin pasti kotor, membuatmu harus mencucinya setelah sampai rumah. Nah, salah satu bagian sepeda yang harus segera dibersihkan setelah gowes adalah rantai. Sebab bagian ini yang paling berat kerjanya dan paling mudah terpapar kotoran.

Tapi membersihkannya gampang, kok.

1. Siapkan bensin

Tips Mudah dan Murah Membersihkan Rantai Sepeda, Sudah Tahu?IDN Times/Dwi Agustiar

Banyak sih pembersih dan pelumas rantai sepeda yang dijual di toko-toko online dan offline. Tapi harganya gak murah. Apalagi pembersih dan pelumas yang sudah bermerek. Bisa ratusan ribu harganya.

Ada alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan rantai sepeda, yakni bensin dan minyak singer. Yup, dua carian tersebut murah meriah dan dijual di mana-mana.

Setengah liter bensin (bisa pertalite) dan satu botol minyak Singer bisa digunakan untuk mencuci 5-7 kali rantai sepeda. Oya, harga sebotol minyak Singer sekitar Rp10 ribuan. Murah banget, kan?

Baca Juga: 3 Jenis Pelumas Rantai Sepeda, Jangan Sampai Salah Pilih

2. Siram sepeda dan rantai dengan air terlebih dahulu

Tips Mudah dan Murah Membersihkan Rantai Sepeda, Sudah Tahu?IDN Times/Dwi Agustiar

Setelah bensin dan minyak Singer tersedia, langkah berikutnya adalah mencuci sepeda dengan air bersih. Kamu bisa menyiram seluruh bagian sepeda terlebih dahulu kemudian mengelapnya dengan sabun.

Jika ada bagian yang sulit dijangkau, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya. Siram semua bagian sepeda, termasuk rantai dan sprocket. Oya, jangan menggunakan air bertekanan tinggi saat menyemprot bagian hub dan freehub ya. Sebab bisa bermasalah nanti.

3. Gunakan bensin untuk membersihkan rantai dan sprocket

Tips Mudah dan Murah Membersihkan Rantai Sepeda, Sudah Tahu?IDN Times/Dwi Agustiar

Setelah disiram dengan air, langkah berikutnya adalah membersihkan sprocket dan rantai dengan bensin. Untuk itu kamu memerlukan kuas.

Tuangkan bensin ke wadah terbuka lalu gunakan kuas untuk mengoleskan bensin tersebut ke sprocket dan rantai sampai semua kotoran yang menempel rontok.

Beberapa kuasan biasanya sudah akan memunculkan warna asli rantai dan sprocket. Itu artinya sprocket dan rantai sudah bersih. Setelah itu keringkan sepeda dengan menjemurnya.

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

4. Teteskan minyak Singer

Tips Mudah dan Murah Membersihkan Rantai Sepeda, Sudah Tahu?Rantai Sepeda (IDN Times/Dwi Agustiar)

Setelah sepeda dan rantainya kering, sekarang saatnya minyak Singer beraksi. Teteskan minyak Singer ke setiap mata rantai satu per satu secara perlahan. Setelah semua mata rantai terlumasi, simpan sepeda di tempat yang teduh.

Oya, minyak Singer yang berlebihan biasanya akan menetes. Karena itu gunakan alas di bawah sepeda agar tetesan minyak singer tidak langsung jatuh ke lantai.

Gampang dan murah, kan?

Baca Juga: 4 Tips Memilih Jersey Sepeda, Biar Gowes Lebih Nyaman 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya