Comscore Tracker

Cara Gampang Bedakan Kanvas Rem Asli dan Palsu, Jangan Sampai Tertipu!

Perhatikan harga dan kemasannya

Jakarta, IDN Times - Salah satu komponen penting pada motor yang harus dicek secara berkala adalah kanvas rem. Sebab jika bagian ini diabaikan, bisa membuat rem blong.

Karena itu penting banget untuk selalu menjaga kondisi kanvas selalu prima. Jika kanvas sudah menipis, segara ganti dengan yang baru.

Nah, berikut tips membedakan kanvas rem original dengan KW atau palsu.

1. Perhatikan kemasannya

Cara Gampang Bedakan Kanvas Rem Asli dan Palsu, Jangan Sampai Tertipu!Ilustrasi Rem Tromol (IDN Times/Dwi Agustiar)

Salah satu cara mendeteksi kanvas palsu dengan mencermati kemasannya. Kanvas original bisanya ditempeli stiker hologram serta alamat jelas pabrik pembuat.

Tapi dua hal itu bukan jaminan, sebab banyak kanvas rem palsu juga menyertakan stiker hologram pada kemasannya. Karena itu kamu harus ekstra hati-hati dan cermat.

Baca Juga: Jangan Menghina Rem Tromol, Ini 3 Kelebihannya Dibanding Rem Cakram!  

2. Cek kode produksinya

Cara Gampang Bedakan Kanvas Rem Asli dan Palsu, Jangan Sampai Tertipu!Ilustrasi Rem Tromol (IDN Times/Dwi Agustiar)

Ciri lain yang membedakan sparparet asli dengan palsu adalah kode produksi. Kanvas rem asli biasanya dilengkapi kode produksi di salah satu sisi kanvas.

Sementara kanvas rem palsu tidak disertai kode produksi. Karena itu kalau kamu tidak menemukan kode produksi, kamu harus curiga.

3. Waspada dengan harga murah

Cara Gampang Bedakan Kanvas Rem Asli dan Palsu, Jangan Sampai Tertipu!Ilustrasi Spare Part Motor (IDN Times/Dwi Agustiar)

Kanvas rem original biasanya memiliki harga standar dari pabrikan. Untuk itu kamu bisa menanyakan harganya langsung ke dealer sebagai patokan.

Lalu, dengan harga dari dealer tersebut, kamu bisa mencari kanvas di toko sparepart di pinggir jalan jika tidak ingin membeli di bengkel resmi.

Jangan pernah tergiur dengan harga murah, karena besar kemungkinan itu adalah kanvas KW atau palsu.

Last, kalau kamu ingin terjamin, sebaiknya membeli separepart di bengkel asli. Meski mungkin agak mahal, tapi keasliannya terjamin.

Baca Juga: 5 Skuter Matik Ini Sudah Dibekali Rem ABS, Lebih Aman di Jalan 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya