Comscore Tracker

Honda Jadi Motor Terlaris di Dunia, Pabrikan China Melesat

Tiga pabrikan asal China masuk 10 besar motor terlaris

Jakarta, IDN Times - Dominasi motor honda tak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di dunia. Pabrikan otomotif asal Jepang ini sukses menjadi merek motor terlaris sepanjang 2021 menurut Motorcycle Data.

Tak mengejutkan, sebab ini kesekian kalinya Honda menjadi merek motor terlaris di dunia. Kejutan justru datang dari beberapa merek motor asal China yang masuk dalam 10 merek terlaris sepanjang 2021.

1. Honda jadi merek motor terlaris

Honda Jadi Motor Terlaris di Dunia, Pabrikan China MelesatHonda Astra

Motorcycle Data mencatat Honda berhasil membukukan penjualan total sebanyak 13,8 juta unit motor secara global. Itu artinya penjualan motor Honda naik sebesar 14,7 persen dibandingkan tahun lalu.

Setidaknya ada dua alasan kenapa penjualan motor Honda naik pesat sepanjang 2021. Pertama, karena industri otomotif India sedang bergeliat lagi. India merupakan salah satu pasar sepeda roda dua terbesar di dunia.

Alasan kedua karena skuter listrik sedang tren di China. Honda memainkan peran penting di segmen ini di China.

Baca Juga: Motor-motor Imut Honda Ini Bikin Gemas  

2. Merek motor China melesat

Honda Jadi Motor Terlaris di Dunia, Pabrikan China Melesatniu.com

Merek motor kedua terlaris di dunia datang dari China, yakni Yadea. Yadea adalah pabrikan yang fokus menggarap motor listrik. Mereka sukses besar setelah mendapat kucuran  insentif dari pemerintah China. Hasilnya, tak kurang dari 5,8 juta unit motor listrik Yadea terjual secara global. 

Dua motor asal China lain yang masuk dalam daftar 10 besar motor terlaris di dunia yaitu Hajoue China yang terjual 1,2 juta unit dan Niu Tech dengan catatan 900 ribu unit terjual secara global.

3. Daftar 10 merek motor terlaris di dunia

Honda Jadi Motor Terlaris di Dunia, Pabrikan China MelesatHonda ADV150 menyedot perhatian pengunjung Honda Premium Matic Day 2019 di Hartono Mall Yogyakarta (16-17/11). Dok. HPMD 2019

10 Daftar motor terlaris didunia tahun 2021

1. Honda 13,8 juta unit

2. Yadea 5,8 juta unit

3. HeroMotorcorps 4,5 juta unit

4. Yamaha 3,5 juta unit

5. Bajaj Auto 2,3 juta unit

6. TVS 2,25 juta unit

7. Suzuki 1,2 juta unit

8. Hajoue Cina 1,2 juta unit

9. Italika 900 ribu unit

10. Niu Tech 900 ribu unit

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya