Comscore Tracker

Tiga Kelebihan Rem Tromol Dibanding Rem Cakram, Lebih Gampang Dirawat!

Rem tromol sering dianggap sudah kuno

Jakarta, IDN Times - Teknologi otomotif berkembang dengan cepat. Jika dulu rem tromol dianggap sudah sangat canggih, kini trennya berubah. Sebab keberadaan rem tromol pelan tapi pasti mulai tergantikan rem cakram.

Yup, rem cakram memang diklaim memiliki keunggulan dibandingkan rem tromol. Tapi itu tak lantas berarti rem tromol itu gak bagus. Nah, berikut keunggulan rem tromol dibandingkan rem cakram.

1. Rem tromol lebih awet dari rem cakram

Tiga Kelebihan Rem Tromol Dibanding Rem Cakram, Lebih Gampang Dirawat!Ilustrasi Rem Tromol (IDN Times/Dwi Agustiar)

Salah satu keuntungan utama dari rem tromol adalah jenis rem ini menyediakan kontak lebih besar antara sepatu rem dan tromol. Ini memungkinkan rem tromol memberikan daya pengereman lebih besar daripada rem cakram yang setara.

Karena kontak sepatu rem dan tromol lebih besar,  maka daya pengereman tersebar lebih luas dan bisa membuat rem tromol bertahan lebih lama dibandingkan rem cakram dengan diameter serupa.

Baca Juga: 3 Alasan Piringan Rem Cakram Sengaja Dibuat Berlubang, Sudah Tahu?

2. Rem tromol lebih gampang perawatannya

Tiga Kelebihan Rem Tromol Dibanding Rem Cakram, Lebih Gampang Dirawat!Ilustrasi Rem Tromol (IDN Times/Dwi Agustiar)

Rem tromol didesain tertutup. Desain ini berbeda dengan rem cakram yang sistemnya berdesain terbuka. Implikasi dari perbedaan tersebut adalah kotoran dari jalanan tak mudah menempel di rem tromol. Sementara komponen rem cakram lebih mudah terpapar partikel kotor dari jalan.

Rem tromol memiliki desain dengan sebagian besar komponennya ditahan oleh spring tension. Karena desainnya ini, proses perawatan rem tromol lebih sederhana. Sepatu remnya bahkan bisa diganti dalam waktu kurang dari sepuluh menit setelah tromol dilepas.

3. Biaya perawatannya lebih murah

Tiga Kelebihan Rem Tromol Dibanding Rem Cakram, Lebih Gampang Dirawat!Ilustrasi Kampas Rem (IDN Times/Dwi Agustiar)

Keuntungan lain menggunakan rem tromol adalah biaya produksinya lebih murah dibanding rem cakram. Ini berimbas pada harga jual kendaraan yang bakal lebih murah dari kendaraan yang menggunakan rem cakram. 

Biaya perawatan rem tromol juga relatif lebih murah. Sebabnya karena rem tromol tidak mudah berkarat dan proses perawatan atau perbaikannya lebih mudah. Jadi, meski teknologinya sudah relatif lawas, namun rem tromol itu masih layak dipakai, kok! 

Baca Juga: Jangan Asal Menarik Tuas Rem Motor, Perhatikan 3 Hal Berikut

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya