Comscore Tracker

Waspada! 4 Situasi Ini Sering Jadi Pemicu Kecelakaan Sepeda

Salah satunya terburu-buru

Jakarta, IDN Times - Bersepeda memang menyenangkan, tapi juga berisiko. Sebab angka kecelakaan sepeda ternyata cukup tinggi.

Lembaga survei The Royal Society for the Prevention of Accidents (ROSPA) di Inggris misalnya pernah menyebutkan ada 18.477 kecelakaan sepeda di Inggris pada 2016.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.499 di antaranya meninggal dunia. Di Indonesia sendiri, sampai saat ini belum pernah ada yang mensurvei angka kecelakaan sepeda.

Tapi, kalau mengingat prilaku berkendara para biker atau driver yang masih banyak melanggar aturan, besar kemungkinan angka kecelakaan sepeda di tanah air juga tinggi.

Nah, buat para goweser, berikut beberapa situasi yang harus kalian waspadai karena berpotensi memicu kecelakaan.

1. Terburu-buru

Waspada! 4 Situasi Ini Sering Jadi Pemicu Kecelakaan Sepedapexels.com/Chris Peeters

Banyak alasan kenapa goweser merasa harus memacu sepedanya dengan cepat, seperti mengejar speed atau karena tak ingin tertinggal dari rombongan.

Situasi ini berpotensi menimbulkan kecelakaan. Sebab, saat terburu-buru, pikiran biasanya akan fokus hanya pada tujuan dan cenderung mengabaikan situasi sekitar.

Sehingga jika ada hal-hal tak terduga di tengah jalan, seperti anak kecil yang tiba-tiba melintas, sering kali goweser gagal mengantisipasinya sehingga terjadi kecelakaan.

Baca Juga: MTB Ternyata Banyak Variannya, Jangan Sampai Salah Pilih Ya! 

2. Gelap tanpa lampu

Waspada! 4 Situasi Ini Sering Jadi Pemicu Kecelakaan SepedaUnsplash/S.

Situasi ini kerap terjadi di malam hari, yakni ketika goweser nekat bersepeda tanpa lampu depan atau belakang, sehingga keberadaan mereka tidak terdeteksi pengendara lain.

Karena itu jangan pernah menggowes di malam hari tanpa penerangan, ya gaes. Apalagi sekarang harga lampu sepeda sudah banyak yang murah. So, gak ada alasan gak punya lampu.

3. Pintu mobil tiba-tiba terbuka

Waspada! 4 Situasi Ini Sering Jadi Pemicu Kecelakaan SepedaIlustrasi parkir liar kendaraan (IDN Times/Sahrul Ramadan)

Situasi tak terduga lain adalah pintu mobil yang sedang parkir tiba-tiba terbuka. Jika kamu pas sedang menggowes di samping mobil tersebut, besar kemungkinan kamu akan terjatuh.

Karena itu selalu waspada jika akan melewati mobil yang sedang diparkir. Bunyikan bel dan jangan menggowes terlalu mepet dengan mobil tersebut.

4. Jalanan amburadul

Waspada! 4 Situasi Ini Sering Jadi Pemicu Kecelakaan SepedaTwitter/tmcpoldametro

Faktor lain penyebab kecelakaan sepeda adalah kondisi jalanan yang amburadul. Karena itu, kalau kondisi jalanan tidak memungkinkan, sebaiknya sepedanya dituntun saja.

Apalagi kalau jenis sepedamu adalah road bike yang gak didesain untuk melibas jalan jelek. Ingat, keselamatan yang utama!

Baca Juga: Deretan Merek Sepeda Top Ini Ternyata Bikinan Taiwan! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya