Comscore Tracker

Lampu Belakang Motor Kok Sering Mati? Curigai Tiga Bagian Ini

Bisa jadi kesalahannya justru pada kebiasaanmu sendiri

Jakarta, IDN Times - Salah satu masalah yang paling sering muncul pada sepeda motor adalah lampu belakang putus. Memang sih masalah ini gak berpengaruh ke performa mesin, tapi harus segera diatasi karena menyangkut keamanan.

Sebab lampu belakang itu berfungsi ganda, yakni sebagai penerangan dan sebagai lampu rem. Sehingga wajib diganti begitu putus. Tapi kenapa kok lampu ini sering banget putus, ya? 

Banyak faktor penyebab lampu belakang sering putus, berikut tiga di antaranya.

1. Terlalu sering menekan tuas rem

Lampu Belakang Motor Kok Sering Mati? Curigai Tiga Bagian Inisuzuki.co.id

Sering kali biker tanpa sadar menarik tuas rem. Meski tuasnya hanya tertarik sedikit, namun itu sudah cukup membuat lampu belakang atau lampu rem menyala. Kalau sudah begitu, lampu akan sering putus. So, jangan terlalu sering menarik tuas rem, ya. 

Baca Juga: Dibeli Cuma Buat Dimodifikasi, Motor-motor Ini Jadi Buruan

2. Urut kabel pastikan tidak ada sambungan

Lampu Belakang Motor Kok Sering Mati? Curigai Tiga Bagian Inifederaloil.co.id

Kalau kamu gak merasa terlalu sering menarik tuas rem, coba cek kelistrikan motormu. Bisa jadi ada kabel yang putus atau ada sambungan pada kabel yang terkait dengan rem  belakang.

Jika ada sambungan, perbaiki sambungan pada kabel tersebut. Jika ada kabel yang putus, lekas disambung kembali. Langkah ini membutuhkan ketelitian dan alat khusus, salah satunya multitester atau ohm meter.

3. Curigai kiprok

Lampu Belakang Motor Kok Sering Mati? Curigai Tiga Bagian IniWahana Honda

Penyebab umum seringnya lampu belakang mati adalah kiprok. Kiprok atau rectifier regulator berfungsi mengubah arus dan mengatur kelistrikan. Jika kiprok bermasalah, maka arus listrik menuju rem pun labil, sehingga bohlam menjadi rentan putus.

So, jika lampu belakang motormu sering mati, kamu harus mencurigai kiprok. Jika kamu tidak ingin pusing, kamu bisa menyerahkan masalah ini ke montir kepercayaanmu. Yang jelas, jangan biarkan lampu belakang motormu mati ya. Sebab itu akan sangat membahayakanmu.

Baca Juga: Jangan Asal Memodifikasi Lampu Motor, Perhatikan 3 Hal Ini Dulu 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya