Comscore Tracker

Bahaya Terlalu Sering Menyemir Ban, Bisa Bikin Getas! 

Karena ban kinclong saja tidak cukup

Jakarta, IDN Times - Banyak alasan kenapa kamu harus merawat ban motor secara rutin. Salah satunya agar performa ban selalu terjaga. Sehingga risiko tergelincir di jalan karena ban tidak terawat bisa diminimalisasi.

Selain itu merawat ban juga penting untuk menjaga tampilan motor. Ban yang bersih dan hitam pasti akan membuat penampakan motor jadi lebih menarik. Karena itu banyak yang kemudian menyemir ban motor mereka.

Tapi apakah aman menyemir ban motor?

1. Semir ban bisa membuat daya lentur ban berkurang

Bahaya Terlalu Sering Menyemir Ban, Bisa Bikin Getas! unsplash.com/Harley-Davidson

Banyak biker menggunakan produk semir ban untuk mengkinclongkan ban motor mereka. Semir ban dipilih karena harganya relatif murah dan pengaplikasiannya mudah. Hasilnya juga cukup instan.

Tapi menyemir ban terlalu sering itu tidak direkomendasikan. Sebab bahan pada semir ban bisa membuat karet ban lebih cepat kehilangan daya lenturnya. Kalau sudah begitu, daya cengkeram ban terhadap aspal pun berkurang. 

Baca Juga: Plus Minus Ban Tubeless, Antigembos Tapi Berumur Pendek  

2. Mencuci ban cukup dengan air bersih

Bahaya Terlalu Sering Menyemir Ban, Bisa Bikin Getas! suzuki.co.id

Mencuci ban sebenarnya cukup dengan air bersih. Akan lebih baik lagi jika menggunakan selang bertekanan tinggi. Sebah air bertekanan tinggi bisa merontokkan kerikil yang sering mengendap di sela-sela permukaan ban. 

Selain itu kamu juga bisa menggunakan sikat untuk mengusir kerikil yang membandel dan tak bisa dirontokkan oleh semperotan air bertekanan tinggi.

3. Bisa menggunakan minuman bersoda

Bahaya Terlalu Sering Menyemir Ban, Bisa Bikin Getas! profile.wimiu.com

Ada cara lain untuk membuat ban motor terlihat kinclong, yakni dengan menggunakan air soda. Tuangkan minuman bersoda ke permukaan ban, tunggu hingga kering, kemudian lap ban tersebut. Hasilnya tidak akan kalah dari semir ban.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan silikon murni untuk menjaga tampilan ban. Silikon murni ini bisa kamu beli di toko kimia. Silikon akan menjaga kelembaban ban sehingga performanya akan selalu terjaga.

Saran kami jangan terlalu sering memarkir motor di tempat yang panas, ya. Sebab suhu panas akan berdampak buruk pada ban.

Baca Juga: 4 Tanda Pada Ban Ini Bisa Bikin Kamu Celaka, Segera Beli Baru!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya