Comscore Tracker

Modif Mesin Vespa Special Klasik, Andre Taulany Rogoh Kocek Rp55 Juta

Modifikasi dikerjakan oleh Scooter VIP

Jakarta, IDN Times - Komedian Andre Taulany rela merogoh kocek hingga Rp55 juta untuk mendongkrak performa mesin Vespa Special 90cc lansiran tahun 1979 miliknya.

Pengerjaan modifikasi ia serahkan kepada PT. Scooter Victory Inter Part (Scooter VIP) yang selama ini menjadi distributor sejumlah komponen racing dari Italia, seperti Polini dan Malossi.

"Mereka khusus modifikasi dan upgrade mesin modern vespa, untuk vespa klasik mereka hanya menjual partnya aja, tapi nggak menerima pengerjaan Vespa klasik," kata Andre dalam keterangan resmi Scooter VIP, Kamis (11/6).

1. Andre menantang Scooter VIP

Modif Mesin Vespa Special Klasik, Andre Taulany Rogoh Kocek Rp55 JutaVespa special 90cc milik Andre Taulany (Antara News)

Mantan vokalis Stinky kemudian memberikan tantangan kepada Scooter VIP yang berlokasi di Grand Galaxy City Bekasi Selatan untuk memodifikasi mesin Vespa klasiknya.

"Saya challenge suruh mereka modifikasi Vespa saya, mereka sempat mikir cuma yah akhirnya mereka mau dan butuh waktu sekitar 3-4 minggu," kata Andre.

2. Scooter VIP merombak mesin

Modif Mesin Vespa Special Klasik, Andre Taulany Rogoh Kocek Rp55 JutaInstagram/scootervip

Perombakan di sektor mesin tak banyak, sebab Vespa Special 90cc sudah menggunakan mesin Malossi MK4 cast iron dengan diameter 57,5mm.

"Jadi kalau masalah mesin kita hanya membersihkan dan dibesarkan lubang transfer portingnya yang bagian dari blok menuju crankcase agar flow bensin dapat masuk sempurna begit upun dengan ring piston dan gasket kami ganti dengan yang baru," kata Kepala Bengkel Scooter VIP, Abdul Rosyid.

Sementara bagian kruk as diganti dengan Polini tipe evolution pin 15 dengan stroke 52,8 full circle dikarenakan intake memakai direct intake Malossi ke blok dan Rsoyid menutup lubang pengisapan bawaannya yang di bagian crankcase.

3. Knalpot ikut mendapat sentuhan racing

Modif Mesin Vespa Special Klasik, Andre Taulany Rogoh Kocek Rp55 JutaAntaranews (Istimewa)

Selain mesin, bagian lain yang mendapat sentuhan modifikasi adalah knalpot. Andre memasang knalpot Polini Evolution 2 dengan leher yang besar sehingga sangat nyaman untuk penggunaan harian.
Sementara pada bagian kopling, skuter ini sudah menggunakan Malossi berbahan carbon, lho. Tujuannya agar tidak slip pada saat rpm tinggi.

"Untuk karburator kami menggunakan Polini tipe PWK diameter 26 dengan mainjet antara 105-120, untuk sektor kaki kaki depan dan belakang kami menggunakan Malossi tipe RS24 Shock absorber," kata Abdul Rosyid.

Baca Juga: Servis Vespa Tanpa Cemas, Scooter VIP Terapkan Protokol COVID-19 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya