Comscore Tracker

Mudik Naik Skutik, Jangan Lupa Cek 4 Hal Ini di Kampung Halaman

Agar mudik aman dan nyaman

Jakarta, IDN Times - Mudik menggunakan sepeda motor memang tidak dianjurkan. Sebab sepeda motor tidak dirancang untuk menempuh perjalanan jauh.

Apalagi kalau sepeda motor tersebut berjenis skuter matik alias skutik. Selain menyalahi kodrat motor tersebut, naik skutik untuk mudik juga sangat berisiko.

Tapi, ketika harga tiket pesawat melambung tinggi dan tiket kereta api ludes terjual, banyak pemudik tak punya pilihan selain naik skuter matik. So, apa boleh buat?

Nah, buat kamu yang terpaksa mudik naik skutik, perhatikan hal-hal berikut setelah kamu sampai di kampung halaman.

1. Cek mesin

Mudik Naik Skutik, Jangan Lupa Cek 4 Hal Ini di Kampung HalamanANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj

Menempuh perjalanan jauh tentu akan membuat kerja mesin menjadi lebih berat. Karena itu hal pertama yang harus kamu perhatikan setelah sampai di kampung halaman adalah mengecek mesin.

Secara sederhana kamu bisa mengecek kondisi mesin dengan mendengarkan bunyinya. Pastikan tidak ada suara-suara aneh dari sektor mesin saat motor dinyalakan.

2. Cek oli

Mudik Naik Skutik, Jangan Lupa Cek 4 Hal Ini di Kampung Halamaninstagram.com/sriwijayaoil

Cabutlah dipstick atau tongkat oli untuk mengecek kondisi oli motormu. Pastikan volume oli motormu tidak kurang dan perhatikan warna dan kekentalan oli tersebut.

Jika oli tersebut telah berwarna hitam pekat dan cenderung encer, berarti sudah saatnya mengganti oli. Suara mesin yang kasar juga bisa menjadi indikasi oli motormu sudah harus diganti.

3. Cek ban

Mudik Naik Skutik, Jangan Lupa Cek 4 Hal Ini di Kampung Halamanwww.corsatire.co.id

Perhatikan permukaan ban motormu. Jika kembangannya sudah terkikis, sebaiknya lekas diganti. Sebab ban yang sudah gundul bisa jadi penyebab motor tergelincir. Selain itu ban gundul juga menyebabkan hilangnya traksi.

4. Cek CVT

Mudik Naik Skutik, Jangan Lupa Cek 4 Hal Ini di Kampung Halamanhttps://adkhd.com

Jika muncul suara kasar saat tuas gas dipuntir, sangat mungkin suara itu berasal dari CVT. CVT bermasalah juga bisa dilihat dari akselerasi motor yang tersendat.

Meski CVT bukan termasuk komponen fast moving, namun tak ada salahnya mengecek CVT motor matikmu ke bengkel terdekat. Dari pada mogok di jalan saat balik nanti, lebih baik sedia payung sebelum hujan, kan?

Baca Juga: 5 Smartphone dengan Kapasitas Baterai Besar Ini Cocok Dibawa Mudik

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You