Comscore Tracker

Pasar Motor Bergeliat Lagi, Target 4,3 Juta Unit Terjual Tahun Ini!

Skutik masih menjadi tulang punggung penjualan motor

Jakarta, IDN Times -- Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memperkirakan pertumbuhan penjualan sepeda motor di dalam negeri tahun ini diprediksi mencapai 4,3 juta-4,6 juta unit.

Target tersebut cukup masuk akal mengingat sepanjang Januari - Mei 2021 penjualan kendaraan roda dua di tanah air mencapai 2.021.532 unit atau tumbuh 17,8 persen dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun lalu sebanyaj 1.716.097 unit.

1. Pasar sepeda motor terimbas pandemik COVID-19

Pasar Motor Bergeliat Lagi, Target 4,3 Juta Unit Terjual Tahun Ini!yamaha-motor.co.id

Ketua Bidang Niaga AISI, Sigit Kumala, mengatakan kondisi pasar sepeda motor sudah mulai membaik setelah sempat dihantam pandemik COVID-19. Bahkan pihaknya mencatat penjualan motor pada awal pandemik yang hanya terjual sebanyak 21 ribuan unit.

“Kami yakin beberapa program pemulihan ekonomi dan program vaksinasi massal dapat meningkatkan tingkat kepercayaan dan daya beli konsumen, serta berdampak positif pertumbuhan penjualan sepeda motor tahun ini,” ujarnya.

Baca Juga: Lucunya Yamaha Vinoora, Mesin Fino Harga di Atas NMax!

2. Pabrikan gencar keluarkan motor baru untuk memancing minat masyarakat

Pasar Motor Bergeliat Lagi, Target 4,3 Juta Unit Terjual Tahun Ini!Dok. IDN Times/IStimewa

Banyak cara dilakukan pabrikan sepeda motor untuk memancing minat beli masyarakat, salah satunya dengan meluncurkan produk-produk baru. Ada berapa motor baru yang diluncurkan sepanjang lima bulan pertama tahun ini, yaitu Honda CBR150R, Honda PCX160, Honda CB150R Streetfire, Honda CRF250 Rally, Honda CBR600R, Kawasaki Ninja ZX-10R, grafis baru Kawasaki Ninja ZX-25R, Kawasaki KLX150, Kawasaki D-TRACKER150, Yamaha R15, Yamaha Nmax, Yamaha V-ixion, dan Yamaha MT15.  

3. Skutik masih menjadi tulang punggung penjualan

Pasar Motor Bergeliat Lagi, Target 4,3 Juta Unit Terjual Tahun Ini!Jajaran pimpinan Astra Motor Jateng meluncurkan All New Honda PCX 160 secara virtual. Dok. Astra Motor Jateng.

Seperti tahun lalu, skutik akan tetap menjadi tulang punggung penjualan kendaran roda dua. Beberapa skutik yang saat ini cukup mendapatkan tempat di hati masyarakat adalah Yamaha NMax, Honda PCX 160, serta Vario dan Beat series.

FYI, penjualan sepeda motor sempat mengalami penurunan pada bulan Mei. Saat itu penjualann motor hanya mencapai 254.710 unit atau turun 46,1 persen dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya.

“Bulan Mei kemarin memang ada penurunan karena dipicu oleh hari libur atau hari efektif kerja yang lebih sedikit. Kami berharap bulan-bulan berikutnya terjadi peningkatan, sehingga akhir tahun ini bisa kita capai penjualan di angka 4,3 juta-4,6 juta unit,” kata Sigit.

Baca Juga: SYM Luncurkan Jet X 150, Penantang Yamaha NMax dan Honda PCX

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya