Comscore Tracker

Sering Terlambat Mengisi Bensin? Ini Rentetan Efek Buruknya

Jangan tunggu sampai indikator bensin menyala

Jakarta, IDN Times - Mengisi bensin memang ritual yang mau gak mau harus dijalani setiap pengendara motor atau mobil. Sebab, tanpa bensin atau solar, mobil secanggih apa pun pasti akan mogok. Kecuali mobil listrik, ya!

Karena itu melipir ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) itu ritual wajib. Anehnya ada pengendara yang hobi banget menunda mengisi bensin atau solar meski jarum indikator bahan bakar sudah nyaris menyentuh huruf E.

Padahal membiarkan tangki bahan bakar nyaris kosong dalam waktu lama bisa berakibat fatal, loh. Berikut dampak yang bisa timbul jika terlalu sering membiarkan tangki bahan bakar kosong.

1. Tangki kendaraan rawan karatan bahkan bisa bocor

Sering Terlambat Mengisi Bensin? Ini Rentetan Efek BuruknyaIlustrasi tangki bensin sepeda motor. IDN Times/Paulus Risang

Risiko pertama buat kamu yang sering menunda mengisi bensin adalah munculnya karat pada sisi dalam tangki. Ini bisa terjadi karena tangki bensin terbuat dari bahan besi. Ruang kosong pada sisi dalam tangki berpotensi memicu timbulnya karat. 

Kalau sudah begitu, berbagai persoalan bisa terjadi, seperti pembakaran menjadi tidak sempurna karena bensin tercampur karat, injektor mampet, busi lebih cepat mati, hingga tangki bocor. So, jangan menunggu sampai indikator bensin menyala untuk ke SPBU.

Baca Juga: Catat, 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membawa Mobil ke Bengkel

2. Menimbulkan endapan kotoran pada tangki bensin

Sering Terlambat Mengisi Bensin? Ini Rentetan Efek BuruknyaIDN Times/Paulus Risang

Tangki bensin yang dibiarkan kosong dalam waktu lama berisiko menyebabkan kondensasi atau timbulnya air dalam tangki akibat penguapan. Jika ini terjadi, penyebaran karat pada dinding tangki akan semakin cepat. 

Selain membuat tangki menjadi keropos, karat juga bisa mengendap lalu terbawa oleh bensin ke saluran pembakaran. Jika ini terjadi, maka hanya tinggal menunggu waktu sampai motormu mogok karena pembakaran bahan bakar terganggu.

3. Jangan biarkan tangki kosong terlalu lama

Sering Terlambat Mengisi Bensin? Ini Rentetan Efek BuruknyaPetugas melakukan pengisian bbm untuk layanan Pertamina Delivery Service di SPBU COCO, Dago, Bandung, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Nah, biar semua masalah itu gak terjadi, kamu harus mengisi tangki bensin sebelum tangki tersebut benar-benar kosong. Karena itu selalu pastikan bensinmu tidak kurang dari setengah kapasitas tangki.

Tapi jika tangki motormu sudah terlanjut berkarat, solusi terbaik adalah menguras tangki tersebut sampai benar-benar bersih dari endapan kotoran dan karat. Tentu saja, ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

So, masih berpikir menunda mengisi bensin?

Baca Juga: Mengisi Bensin di Pagi Hari Bisa Bikin Lebih Irit? Begini Faktanya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya