Comscore Tracker

Skutik Mendadak Jari Boros, Curigai 4 Bagian Ini  

Salah satunya karena sensor 02 rusak

Jakarta, IDN Times - Dulu motor-motor yang dianggap sebagai raja jalanan adalah Yamaha RX King, Kawasaki Ninja dan Honda Tiger.

Sebab performa motor-motor tersebut di atas rata-rata. Tapi zaman berubah, tren pun demikian. Kini raja-raja jalanan tersebut tergusur skuter matik atau skutik.

Meski performa mesinnya gak segalak RX King atau Ninja atau Tiger, tapi skutik punya kelebihan, yakni praktis dan irit.

Jika kondisi mesin sehat, seekor skutik hanya membutuhkan satu liter bensin untuk menepuh 40-50 km. Jauh lebih irit dibandingkan RX King atau Ninja.

Tapi lain hal kalau mesin skutikmu gak sehat. Borosnya bisa melebihi RX King atau Ninja dan Tiger. Apa aja sih yang bikin skutik jadi boros? Berikut beberapa di antaranya.

1. Kerusakan pada sensor 02

Skutik Mendadak Jari Boros, Curigai 4 Bagian Ini  nightrider.com

Sensor satu ini fungsinya untuk mendeteksi kandungan oksigen dalam gas buang mesin. Jika sensor ini error atau rusak, maka sistem pembakaran pun menjadi kacau. Salah satu imbasnya adalah konsumsi bahan bakar menjadi sangat boros.

2. Laher atau bearing bermasalah

Skutik Mendadak Jari Boros, Curigai 4 Bagian Ini  YouTube

Laher bermasalah akan membuat putaran roda menjadi seret. Sehingga mesin membutuhkan tambahan tenaga untuk membuatnya berputar secara normal. Nah, tambahan tenaga ini tentu membutuhkan pasokan bensin yang lebih banyak pula. Gak heran kalau bensin lantas jadi boros.

3. Selang bensin bocor

Skutik Mendadak Jari Boros, Curigai 4 Bagian Ini  avirals.xyz/

Gunakan indra penciumanmu. Jika tercium aroma bensin padahal tangki bensinmu tertutup, kemungkinan ada bahan bakar yang merembes dari selang. bensin atau malah ada kebocoran pada selang tersebut.

Selang bisa bocor karena panas mesin atau tergesek benda lain. Silakan diurut selang bensinnya untuk memastikan di mana letak kebocorannya.

4. Kampas kopling sudah waktunya diganti

Skutik Mendadak Jari Boros, Curigai 4 Bagian Ini  instagram.com/pantekkoplingadiputra

Salah satu ciri kampas koling sudah mulai habis adalah tarikan motor menjadi sangat berat. Padahal kamu tidak sedang membawa beban apa-apa.

Sebab kampas kopling yang sudah tipis membuat tenaga dari mesin tidak akan tersalurkan secara sempurna ke drivetrain. Jadinya ya gitu: sudah digas pol, tapi gak lari-lari. Buruan ke bengkel, deh!

Baca Juga: Rekomendasi Skutik Bekas Murah di Bawah Rp5 Juta, Cocok untuk Harian

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya