Comscore Tracker

Suzuki Luncurkan New U-Enjoy 125, 1 Liter Bensin Bisa Buat 100 km!

Dibanderol Rp18 jutaan

Jakarta, IDN Times - Kalau ada pabrikan Jepang yang paling kalem di pasar skutik tanah air, pabrikan tersebut pastilah Suzuki. Sebab, ketika Yamaha dan Honda saling berlomba menelurkan skutik, Suzuki justru anteng-anteng saja.

Saat ini Suzuki hanya punya tiga varian skutik, yakni NEX II, NEX Crossover, dan Suzuki Address. Bandingkan dengan Yamaha dan Honda. Bahkan ketika Honda dan Yamaha saling sikut di segmen skutik 150 cc, Suzuki masih berkutat di 125 cc.

Tapi lain cerita dengan kiprah Suzuki di China. Di sana Suzuki cukup agresif merebut pasar. Mereka misalnya baru saja meluncurkan varian baru skutik bernama New U-Enjoy 125. Jika dilihat sekilas, skutik ini tak istimewa. Tapi ada sesuatu yang membuat New U-Enjoy 125 jadi pusat perhatian di China. 

1. Konsumsi bensinnya irit banget

Suzuki Luncurkan New U-Enjoy 125, 1 Liter Bensin Bisa Buat 100 km!Istimewa

Keistimewaan U-Enjoy 125 bukan pada desain dan fitur canggihnya, melainkan pada konsumsi bahan bakarnya yang mencapai 1 liter per 100 kilometer. Jadi, kalau kamu ingin bolak balik Jakarta-Bogor, kamu hanya memerlukan tak lebih dari 1,5 liter bensin.    

Oya, skutik super irit ini bukan murni bikinan Suzuki, melainkan hasil kerja bareng dengan Jinan Qingqi --produsen sepeda motor terbesar di China.

Baca Juga: Dear Suzuki, Kapan 3 Motor Suzuki Ini Masuk Indonesia?

2. Performa lumayan gahar

Suzuki Luncurkan New U-Enjoy 125, 1 Liter Bensin Bisa Buat 100 km!FOX24

Meski iritnya kebangetan, namun. performa motor satu ini lumayan gahar, lho. Menggendong mesin 125 cc 4-tak, 1-silinder, SOHC, berpendingin udara, tenaga yang dihasilkan mencapai 9,25 dk pada 7.000 rpm dan torsi maksimum 10 Nm pada 6.000 rpm.

Tenaga besar tersebut hanya perlu mendorong bobot motor yang cukup ringan, yakni 112 kg. Jadi tarikan skutik ini pasti akan sangat responsif.

3. Dibanderol Rp18 jutaan

Suzuki Luncurkan New U-Enjoy 125, 1 Liter Bensin Bisa Buat 100 km!Greatbiker

Sayangnya Suzuki New U-Enjoy 125 tidak dibekali banyak fitur kekinian. Beberapa fitur bahkan masih terkesan jadul, seperti headlamp yang masih menggunakan bohlam halogen. Sistem pengereman sudah menggunakan disk brake tapi tanpa ABS. Uniknya, lampu belakang motor ini justru sudah LED. Oya, skutik ini dibanderol sekitar Rp18 jutaan di China. 

Baca Juga: Suzuki Inazuma Jadi Motor Touring Paling Nyaman di Kelasnya 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya