Comscore Tracker

Cara Jatuh dari Motor Biar Gak Cedera Fatal

Karena kecelakaan bisa terjadi di mana saja

Jakarta, IDN Times – Kecelakaan sepertinya sudah menjadi keseharian para pembalap MotoGP. Tapi hebatnya jarang sekali ada yang mengalami cedera serius. Sebab, selain telah dilengkapi wearpack khusus, para pembalap juga dibekali teknik jatuh dari motor.

Dengan teknik tersebut, cedera akibat kecelakaan bisa diminimalisasi. Nah, berikut beberapa teknik jatuh dari motor dari Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) yang bisa kamu pelajari. Sebab kecelakaan bisa menimpa siapa saja, tidak hanya para pembalap MotoGP, tapi juga biker biasa.

1. Lepaskan sepeda motor

Cara Jatuh dari Motor Biar Gak Cedera FatalPT Astra Honda Motor

Saat mengalami kecelakaan, banyak orang masih bertahan di sepeda motor mereka. Cara ini justru bisa berakibat fatal. Sebab biker bisa terseret atau tertimpa motor mereka sendiri.

Karena itu, lepaskan sepeda motormu saat terjadi kecelakaan. Dengan begitu kamu akan memperkecil risiko cedera sekaligus memberikan waktu untukmu untuk berguling.

Baca Juga: Revolusi Helm dari Masa ke Masa, AVG Jadi Merek Helm Pertama di Dunia

2. Berguling ke kiri

Cara Jatuh dari Motor Biar Gak Cedera FatalPT Astra Honda Motor

Jatuh dengan posisi berguling dapat mengurangi efek benturan terhadap permukaan jalan. Sehingga bisa meminimalisasi cedera pada tubuh dan tulang. Saat berguling, lipatlah tangan ke bagian dada seperti sedang memeluk tubuh sendiri, tundukkan kepala sampai dagu menempel ke dada.

Oya, saat berguling, sebaiknya arahkan benturan pada bagu belakang untuk mengurangi dampak benturan. Selain itu sebisa mungkin berguling ke arah kiri jalan. Tujuannya agar tidak terlindas kendaraan yang sedang melintas. Sebab sisi kiri jalan biasanya tidak seramai sisi kanan.

3. Jangan langsung berdiri

Cara Jatuh dari Motor Biar Gak Cedera FatalPT Astra Honda Motor

Setelah berguling, cobalah untuk diam sejenak. Gerakkan tangan dan kakimu untuk memastikan semuanya dalam kondisi baik. Dan, untuk menghindari cidera parah, jangan langsung berdiri setelah jatuh.

Akan jauh lebih baik jika kamu memeriksakan diri ke rumah sakit. Sebab beberapa penyakit dalam akibat kecelakaan sering kali tidak terdeteksi dari luar.  

“Pada prakteknya, teknik jatuh di atas tidak semudah seperti saat disampaikan. Untuk itu, tetap gunakan perlengkapan berkendara dengan baik, tingkatkan kemampuan berkendara, kendalikan emosi, pahami prediksi dan antisipasi bahaya saat berkendara di jalan untuk keselamatan berkendara,” kata Johanes Lucky, Manager Safety Riding AHM.

Tetap berhati-hati, ya!

Baca Juga: 5 Tips Aman Menyalip, Gak Selalu Harus Gaspol! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya