Comscore Tracker

Tiga Cara Menghemat Konsumsi Bensin

Banyak faktor yang membuat konsumsi bensin jadi boros

Jakarta, IDN Times - Banyak faktor yang bisa membuat motor jadi boros bensin, seperti gaya berkendara yang terlalu agresif, kemacetan, hingga ban gundul. Tapi banyak juga trik menghemat bensin yang bisa kamu terapkan.

Nah, berikut empat cara menghemat bensin dari Yamaha buat para biker. Layak dicoba, nih! 

1. Pastikan kondisi motor prima

Tiga Cara Menghemat Konsumsi Bensinyamaha-motor.co.id

Sebelum berkendara pastikan motor dalam kondisi prima. Pastikan juga tekanan ban dalam kondisi normal. Karena ban yang kekurangan angin akan membuat tarikan motor menjadi berat dan ini membuat konsumsi bensin menjadi lebih boros.

Selain itu pasikan juga motormu mengikuti servis secara berkala. Jangan berharap motor bisa irit bensin kalau tidak pernah diservis.

Baca Juga: 4 Tips Biar Yamaha NMAX Gak Boros Bensin  

2. Pengoperasian Motor yang Baik

Tiga Cara Menghemat Konsumsi BensinHumas/Yamaha Indonesia

Faktor lain yang menyebabkan motor jadi boros adalah cara berkendara. Semakin agresif gaya berkendara, semakin boros pula konsumsi bensinnya. Karena itu berkendaralah secara kalem. Selain lebih hemat bensin juga bisa bisa mengurangi potensi terlibat kecelakaan.

3. Manfaatkan SSS

Tiga Cara Menghemat Konsumsi BensinYamaha Indonesia

Beberapa motor kini telah dilengkapi fitur yang bisa menghemat bensin, seperti idle start system atau stop and start system. Fitur ini akan secara otomatis mematikan mesin saat motor berhenti selama beberapa detik. Mesin akan kembali menyala ketika tuas gas diputar. Aktifkan fitur tersebut untuk menghemat konsumsi bahan bakar motormu.

Baca Juga: 5 Teknologi Ini Bakal Mengubah Tren Mobil, Goodbye Mobil Bensin!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya