Comscore Tracker

Tip Santun Menyalip, Biar Cepat Asal Selamat! 

Ingat keluarga tercinta menanti di rumah

Jakarta, IDN Times - Banyak kecelakaan terjadi di jalan raya bukan semata karena faktor jalan, tapi juga karena faktor pengendara.

Bisa jadi karena pengendara mengantuk, mabuk, tidak mematuhi rambut, hingga salah ancang-ancang saat menyalip.

Nah, berikut aturan menyalip kendaraan yang wajib kamu taati, bukan saja demi keselamatanmu, tapi juga keselamatan pengendara laini. Ingat, keluarga menanti di rumah!

1. Jangan menyalip di tikungan

Tip Santun Menyalip, Biar Cepat Asal Selamat! Royal Enfield/Istimewa

Aturan menyalip pertama adalah jangan pernah melakukannya di tikungan. Sebab kamu gak tahu ada apa di balik tikungan tersebut. Karena itu sangat berbahaya sekali, tidak hanya bagi dirimu, tapi juga bagi pengendara lain.

2. Jangan menyalip dari kiri

Tip Santun Menyalip, Biar Cepat Asal Selamat! Unsplash/Jan Starek

Aturan kedua: Jangan menyalip dari kiri. Sebab banyak pengendara mobil tidak terlalu memperhatikan sisi kiri mobil mereka. Selain itu menyalip dari kiri juga berpotensi menabrak pejalan kaki atau trotoar.

3. Jangan menyalip kendaraan yang sedang menyalip

Tip Santun Menyalip, Biar Cepat Asal Selamat! Unsplash/Harley-Davidson

Menyalip tidak diharamkan, hanya saja jangan menyalip kendaraan yang sedang menyalip. Sebab sangat berisiko. Sebab, untuk menyalip kendaraan yang sedang menyalip, kamu membutuhkan akselerasi super cepat.

Akan sangat berisiko jika motormu kekurangan power ketika tengah menyalip. Selain itu menyalip kendaraan yang sedang menyalip juga akan membuat pengendara lain terkejut. Kondisi  Ini, tentu saja, sangat berpotensi memicu kecelakaan.

4. Jangan menyalip di tanjakan

Tip Santun Menyalip, Biar Cepat Asal Selamat! Unsplash/Harley-Davidson

Setiap kendaraan memang memiliki power yang berbeda. Ada yang kuat menanjak, ada yang biasa saja. Kalau kendaraanmu memiliki power dan torsi melimpah,  silakan menyalip saat tanjakan. Namun dengan catatan jangan sampai membuat kendaraan lain susah.

Namun jika tenaga dan torsi kendaraanmu pas-pasan, sebaiknya kamu tahu diri dengan tidak menyalip kendaraan di depanmu. Sebab, jika memaksakan diri, bisa jadi ada kendaraan dari lawan arah yang akan menghadangmu. 

Selain itu pastikan kamu memberikan tanda berupa lampu sign sebelum menyalip dan menekan klakson sekali untuk memberi tanda pada kendaraan yang akan kamu salip. Selebihnya, hati-hati dan kalkulasikan secara cermat kondisi lalu lintas sebelum memutuskan untuk menyalip. Ingat, keluarga menanti di rumah!

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You