Comscore Tracker

Tips Biar Gak Ditabrak dari Belakang

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja

Jakarta, IDN Times - Kecelakaan memang bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Karena itu kita harus selalu waspada saat berkendara. Selain badan harus fit, kendaraan juga wajib dalam kondisi prima.

Selain itu, sebagai pengedara, kita harus menaati setiap rambu dan aturan lalu lintas serta melihat serta menakar situasi. Nah, berikut beberapa tips yang bisa mencegahmu tertabrak dar belakang.

1. Jangan mengerem secara mendadak

Tips Biar Gak Ditabrak dari Belakangeliottschool.org

Banyak kasus tabrakan terjadi karena ada pengemudi yang mengerem secara mendadak. Situasi ini membuat pengemudi di belakangnya tidak punya waktu untuk mengerem atau menghindar. Akibatnya benturan pun tak terhindarkan.

Karena itu sebisa mungkin jangan pernah mengerem secara mendadak. Selalu jaga jarak dengan kendaraan di depanmu, sehingga jika kendaraan tersebut melakukan manuver tiba-tiba, kamu masih punya waktu untuk mengerem secara perlahan.

Baca Juga: 3 Tips Saat Berhenti di Lampu Merah

2. Selalu lihat kiri-kanan sebelum berbelok

Tips Biar Gak Ditabrak dari BelakangPexels.com/Artem Beliaikin

Kebiasaan lain yang bisa membuatmu tertabrak dari belakang adalah berbelok secara tiba-tiba. Kebiasaan ini bisa membuat kendaraan lain menghantam bagian belakang kendaraanmu karena mereka tidak mengira kamu akan berbelok. Karena itu selalu nyalakan lampu sein beberapa meter sebelum berbelok.   

3. Lampu rem mati

Tips Biar Gak Ditabrak dari BelakangWahana Honda

Selain dua kebiasaan di atas, ada satu hal lagi yang bisa membuat kendaranmu tertabrak dari belakang, yaitu lampu rem mati. Biasanya biker atau driver jarang mengecek lampu rem sehingga mereka tidak sadar jika lampu tersebut mati.

Karena itu cek dulu sebelum berangkat, apakah lampu rem berfungsi dengan wajar. Kalau tidak, segera perbaiki. Sebab, kalau lampu rem mati, pengedara di belakangmu gak akan tahu kalau kamu sedang menurunkan kecepatan.

Baca Juga: 3 Alasan Truk Sering Memicu Kecelakaan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya